Ternyata Ini Alasan Telur Asin Dibuat dari Telur Bebek

telur
Ilustrasi Telur Asin (Tokopedia)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Olahan telur khas Brebes bernama telur asin, menjadi makanan yang telah populer karena biasa dijadikan buah tangan saat berkunjung ke Brebes. Rsanya gurih dan asin, membuat telur asin cocok untuk menjadi lauk.

Telur asin juga cenderung praktis untuk dikonsumsi karena untuk mengonsumsinya hanya tinggal mengupas bagian kulitnya saja tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Namun terkadang, telur asin bisa juga diolah menjadi suatu masakan agar rasanya lebih berbeda.

Misalnya saja botok telur asin. Makanan ini konon merupakan makanan khas Demak, kreasi botok yang dibuat dari campuran tahu dan telur asin. Lalu bagian kuning telurnya, bisa juga diolah menjadi saus salted egg untuk campuran ayam goreng tepung.

Baca Juga:Hilangkan Kotoran dengan Langkah yang Tepat, Berikut Cara Mencuci StroberiJangan Sampai Keburu Busuk, Begini Cara Menyimpan Stroberi yang Tepat

Mengapa Telur Asin Dibuat dari Telur Bebek?

Telur asing mempunyai cita rasa yang unik. Untuk membuatnya pun cukup praktis karena bermodalkan  air, garam, dan stoples untuk memeram telur agar menghasilkan telur asin dengan rasa yang gurih.

Kemudian, agar proses pengasinan dari pembuatan telur asin menjadi semakin optimal, dalam proses pembuatannya pun juga bisa mengampelas telur agar pori-porinya terbuka sehingga rasa asin dari garam lebih mudah meresap.

Telur asin dibuat dari hasil olahan unggas berupa telur bebek. Keawetan dari telur bebek pun konon tergantung dari konsentrasi garam yang digunakan dalam adonan. Semakin tinggi konsentrasinya, maka semakin awet telur asin yang akan dihasilkan.

Keawetan dari telur asin juga dipengaruhi oleh lama pembungkusan telur. Jika semakin lama dibungkus, maka akan semakin awet. Namun perlu diketahui juga, jika rasa asin yang ditambahkan pada telur, perlu diperhatikan.

Namun, mengapa dalam pembuatan telur asin seringkali menggunakan telur bebek? Telur bebek diketahui memiliki pori-pori yang lebih banyak yang akan menguntungkan dalam proses pengasinan. Ketika diasinkan, maka garam akan lebih mudah masuk ke dalamnya. 

Hal lainnya juga berpengaruh pada rasa amis dari telur bebek. Ketika ditambahkan garam dalam proses pemeraman untuk membuat telur asin, maka rasa amis tersebut dapat berkurang sehingga cocok untuk diasinkan.

Alasan lainnya yakni lantaran telur bebek memiliki ukuran yang besar dan cangkangnya lebih tebal dibandingkan dengan telur ayam. Maka ketika diasinkan, telur bebek akan cenderung lebih kuat.

0 Komentar