Sehat Banget Buat Tubuh : Inilah Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin A

sumber makanan yang mengandung vitamin a
sumber makanan yang mengandung vitamin a/halodoc
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Vitamin A tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata, tetapi juga penting untuk kesehatan lainnya, seperti tulang dan reproduksi. Vitamin A mengandung antioksidan, yang baik untuk kulit, gigi, jaringan tulang, dan jaringan lunak.

Vitamin A bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan, mulai dari buah-buahan, sayuran, lauk-pauk, hingga suplemen. Meskipun wortel sering dikenal sebagai sumber vitamin A, ada banyak makanan lain yang juga kaya akan vitamin A. Apa saja sumber-sumber tersebut?

Sumber Hewani dan Nabati

Vitamin A bisa didapatkan dari produk hewani dan nabati. Vitamin A dari produk hewani disebut retinoid, sedangkan dari produk nabati disebut karotenoid.

Baca Juga:Minum Vitamin Ini Agar Ibu dan Bayi Tetap Sehat – Inilah Rekomendasi Vitamin Ibu HamilKamu Sulit Makan? Wajib Minum Vitamin Ini – Ini Dia Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan

Untuk golongan retinoid, hati sapi adalah sumber utama yang mengandung vitamin A paling banyak. Setiap 100 gram hati sapi memiliki lebih dari 4000 mcg RAE (retinol activity equivalent), unit pengukuran vitamin A. Selain hati sapi, berikut sumber makanan lain yang mengandung vitamin A dari produk hewani:

1. Ikan (salmon, tuna, dan King Mackerel)2. Keju3. Udang4. Susu5. Telur6. Hati domba7. Kaviar

Sementara itu, vitamin A dari produk nabati, yang dikenal sebagai karotenoid (betakaroten), meliputi:

1. Ubi jalar2. Wortel3. Kangkung4. Brokoli5. Paprika merah6. Bayam7. Kale8. Mangga9. Semangka10. Pepaya11. Jambu12. Aprikot13. Blewah

Selain baik untuk mata, berikut ini adalah manfaat lain dari Vitamin A:

1. Pencegahan KankerMenurut jurnal Cancer Causes & Control (2011), vitamin A membantu mencegah kanker payudara. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa vitamin A juga dapat mengurangi risiko kanker paru-paru dan usus.

2. Meningkatkan Kekebalan TubuhJurnal Annals of Nutrition and Metabolism melaporkan bahwa vitamin A dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A dapat menyebabkan anak mengalami diare, masalah kulit, dan penyakit infeksi lainnya.

Baca Juga:Harus Jaga Kesehatan ~ Inilah Rekomendasi Multivitamin Terbaik untuk Menjaga KesehatanRawat Kucingmu agar terhindar dari Kutu : Inilah Rekomendasi Obat Kutu Kucing yang Ampuh

3. Kesehatan ReproduksiVitamin A memiliki manfaat istimewa untuk kesehatan reproduksi baik pada laki-laki maupun perempuan. Pada perempuan, vitamin A dapat mencegah kanker payudara dan membantu pemulihan infeksi vagina. Pada laki-laki, vitamin A berperan dalam meningkatkan jumlah sperma.

Meskipun memiliki banyak manfaat, mengonsumsi vitamin A dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan pusing, mual, sakit kepala, koma, bahkan kematian. Asupan vitamin A yang tinggi pada ibu hamil juga dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi.

 

0 Komentar