Peralihan Musim Dengan Kondisi Angin Kencang – Video

Peralihan Musim Dengan Kondisi Angin Kencang
0 Komentar

Bermain layang-layang menjadi salah satu permainan yang sering dimainkan anak-anak terutama pada saat cuaca berangin seperti beberapa minggu terakhir di Kota Cirebon. Dengan makin terbatasnya lahan bermain, tidak mengurungkan semangat anak-anak meski harus menggunakan areal persawahan yang sudah ditanami padi seperti di Karya Bakti, Kelurahan Kalijaga.

Cuaca berangin di Kota Cirebon acap kali dimanfaatkan anak-anak untuk bermain layangan. Salah satu tempat berkumpulnya anak-anak untuk bermain layang-layang terletak di areal persawahan Karya Mulya, Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon. Dengan maraknya game online di gawai yang mereka pegang, tidak sedikit yang meninggalkannya sejenak untuk menyapa langsung alam dengan bermain layang-layang bersama teman sebaya.

Mulai dari siswa sepantaran sekolah dasar hingga remaja tanggung, meramaikan langit dengan layangan yang berwarna-warni di atas areal persawahan sejak sore hingga menjelang petang. Karena makin sulit dijumpai lapangan luas di tengah kota untuk bermain layang-layang, anak-anak memanfaatkan areal persawahan yang mulai mengering, serta lapangan terbang Penggung yang sudah selesai digunakan hari itu, untuk menerbangkan layangannya meski penuh risiko.

Baca Juga:Masyarakat Desa Buyut Serbu Layanan Kelingan Adminduk – VideoPj Bupati Cirebon Berpesan Agar Masyarakat Perhatikan Anak – Video

Salah seorang warga, Etik, menyampaikan, ia lebih baik memperhatikan anaknya untuk bermain layangan daripada terus-terusan bermain dengan gawainya, terlebih pada musim liburan yang baru dimulai seperti sekarang. Setiap sore, banyak anak-anak di sekitar kampungnya memanfaatkan areal persawahan hingga lapangan udara Penggung karena keterbatasan lahan di kampungnya.

Secara tidak langsung, dengan bermain layang-layang, anak dapat melatih motorik kasar dan halus, meningkatkan kemampuan sensorik, serta mendukung tumbuh kembang fisik dan mental anak. Namun, peran orang tua juga tidak boleh lepas dalam mengawasi anak-anaknya bermain, terutama memastikan anak-anak untuk menjauhi tiang dan kabel listrik terlebih saat menerbangkan layang-layang.

0 Komentar