Jarang Banget Orang-orang Tahu Ini : Ternyata Inilah Khasiat Daun Mengkudu untuk Kesehatan

daun mengkudu
daun mengkudu/halodoc
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Daun mengkudu memiliki bentuk elips dengan warna hijau tua. Panjangnya dapat mencapai 20 hingga 40 cm dan lebarnya berkisar antara 7 hingga 25 cm.

Tumbuh berselang-seling pada batang pohon yang tingginya bisa mencapai 10 meter, daun mengkudu memiliki rasa pahit dan tajam serta mengeluarkan bau seperti amonia saat dipotong.

Meskipun rasanya pahit, tanaman ini memiliki berbagai manfaat kesehatan yang signifikan. Daun mengkudu, juga dikenal sebagai daun Murbei India atau Bai-yo, jarang ditemukan di pasar atau supermarket, tetapi memiliki banyak kegunaan yang mendukung kesehatan tubuh.

Baca Juga:Minum Vitamin Ini Agar Ibu dan Bayi Tetap Sehat – Inilah Rekomendasi Vitamin Ibu HamilKamu Sulit Makan? Wajib Minum Vitamin Ini – Ini Dia Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan

Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Efek Anti Tuberkulosis (TB)

Ekstrak etanol dari daun mengkudu memiliki aktivitas antituberkulosis terhadap Mycobacterium tuberculosis. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa E-Fitol yang terkandung di dalamnya, seperti campuran ketosteroid dan epidioksisterol, dapat mencegah penyakit TB hingga 89% hingga 95%.

2. Mencegah Kenaikan Berat Badan:

Studi ilmiah menunjukkan bahwa ekstrak daun mengkudu memiliki efek antidislipidemia, yang membantu mengatur metabolisme lipid tubuh. Hal ini membantu dalam mengurangi kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol jahat (LDL) dalam darah, serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Antiinflamasi dan Penyembuhan Peradangan:

 Daun mengkudu mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu dalam menyembuhkan peradangan dalam tubuh. Senyawa ini juga membantu dalam proses penyembuhan luka, mengurangi rasa sakit, dan melawan infeksi virus atau bakteri pada luka.

4. Menurunkan Potensi Penyakit Kronis

 Kandungan polifenol dalam daun mengkudu membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Hal ini penting untuk mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung, yang sering kali terkait dengan kondisi stres oksidatif dan kerusakan sel-sel tubuh.

Dengan demikian, meskipun memiliki rasa pahit yang kuat, daun mengkudu merupakan sumber yang kaya akan manfaat kesehatan yang bermanfaat bagi tubuh secara keseluruhan.

5. Mempertahankan Kesehatan Kulit

Manfaat lain dari daun mengkudu adalah menjaga kesehatan kulit. Untuk memanfaatkan manfaat ini, Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun mengkudu untuk menjaga hidrasi dan kelembapan kulit.

Selain itu, air rebusan daun mengkudu juga efektif dalam mengatasi jerawat karena mengandung antioksidan. Antioksidan ini membantu melindungi kulit dari efek radikal bebas yang disebabkan oleh polusi, sinar UV, dan kotoran.

Baca Juga:Harus Jaga Kesehatan ~ Inilah Rekomendasi Multivitamin Terbaik untuk Menjaga KesehatanRawat Kucingmu agar terhindar dari Kutu : Inilah Rekomendasi Obat Kutu Kucing yang Ampuh

6. Mengatur Tekanan Darah

Daun mengkudu mengandung berbagai senyawa aktif seperti alkaloid, flavonoid, dan polifenol, yang memiliki sifat antihipertensi. Cara kerjanya adalah dengan membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi resistensi pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

0 Komentar