Jarang Banget Orang Mengetahui! Inilah Manfaat Vitamin K bagi Tubuh

vitamin k
manfaat vitamin k/halodoc
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Salah satu manfaat vitamin K yang banyak diketahui adalah menjaga kesehatan tulang. Vitamin K berperan penting dalam mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan mineral tulang.

Tulang mencapai kekuatan dan kepadatan maksimal pada usia 20-30 tahun. Setelah itu, pembentukan tulang mulai menurun dan kepadatan mineral tulang berkurang. Karena itu, osteoporosis biasanya muncul di usia 50-an dan banyak ditemui pada wanita pascamenopause.

Manfaat Vitamin K

Mencukupi kebutuhan vitamin K menjaga agar tulang tetap sehat dan mencegah masalah tulang meskipun sudah lanjut usia. Selain itu, masih banyak manfaat vitamin K bagi tubuh. Berikut empat di antaranya:

Baca Juga:Minum Vitamin Ini Agar Ibu dan Bayi Tetap Sehat – Inilah Rekomendasi Vitamin Ibu HamilKamu Sulit Makan? Wajib Minum Vitamin Ini – Ini Dia Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan

1. Membantu Proses Pembekuan DarahManfaat vitamin K yang penting selain menjaga kesehatan tulang adalah perannya dalam proses pembekuan darah. Vitamin K membantu menghentikan aliran darah saat tubuh terluka. Selain perdarahan eksternal, vitamin K juga penting untuk menghentikan perdarahan internal.

Bagi wanita, mengonsumsi makanan kaya vitamin K dapat menghentikan perdarahan berlebih saat menstruasi dan mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

2. Mencegah Kanker Prostat dan Kanker Paru-ParuSelain untuk aliran darah, vitamin K juga bermanfaat dalam mencegah kanker, terutama kanker prostat dan paru-paru. Studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi vitamin K dari makanan seperti sayuran hijau memiliki risiko lebih rendah terkena kanker dibandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsi makanan kaya vitamin K.

3. Memperlancar Aliran Darah dan Mencegah ArterosklerosisManfaat vitamin K yang tak kalah penting adalah menjaga agar kalsium tetap berada dalam tulang dan tidak menetap di pembuluh darah. Vitamin K, terutama vitamin K2, berperan dalam mengatur agar kalsium tidak menumpuk di pembuluh darah, yang bisa menyebabkan arterosklerosis, yaitu penebalan dan penyempitan pembuluh darah. Vitamin K membantu mengantarkan kalsium dari darah ke tulang, sehingga tidak hanya membantu menguatkan tulang, tetapi juga mengatasi sumbatan kalsium di aliran darah dan mencegah arterosklerosis.

Nah, itulah beberapa manfaat dari viramin k yang harus kamu ketahui.

0 Komentar