Bunda Wajib Tahu Ini : Inilah Pentingnya Vitamin D untuk Pertumbuhan Anak

vitamin d
vitamin d/halodoc
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bagi para orangtua, memantau perkembangan anak dari waktu ke waktu merupakan hal yang menarik untuk dilakukan. Berbagai upaya dilakukan agar tumbuh kembang anak dapat berlangsung secara optimal, termasuk memberikan stimulasi yang tepat serta memastikan asupan vitamin dan nutrisi tercukupi. Salah satu vitamin yang penting untuk pertumbuhan anak adalah vitamin D. Penting bagi orang dewasa maupun anak-anak, vitamin D diperlukan agar tubuh dapat menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Namun, vitamin D juga memiliki peran penting dalam perkembangan otak anak.

Menurut jurnal Children, vitamin D memengaruhi perkembangan otak dan sangat penting untuk memastikan fungsi otak bekerja optimal pada anak. Kekurangan vitamin D pada anak dan remaja dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental, termasuk skizofrenia. Selain itu, vitamin D juga esensial untuk mencegah gangguan kesehatan tulang seperti skoliosis, rakitis, dan kekeroposan tulang yang dapat menghambat pertumbuhan.

Kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan anak mengalami nyeri otot, mudah lelah, dan masalah dalam gerakan tubuh. Bahkan, risiko penyakit migrain pada anak-anak hingga remaja juga dapat meningkat akibat kekurangan vitamin D.

Baca Juga:Minum Vitamin Ini Agar Ibu dan Bayi Tetap Sehat – Inilah Rekomendasi Vitamin Ibu HamilKamu Sulit Makan? Wajib Minum Vitamin Ini – Ini Dia Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan

Pentingnya Vitamin D untuk Pertumbuhan Anak

Semua anak, sejak lahir, membutuhkan asupan vitamin D untuk mendukung pertumbuhan mereka. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), bayi di bawah usia 12 bulan membutuhkan 400 IU vitamin D setiap hari, sementara anak-anak usia 12–24 bulan membutuhkan 600 IU vitamin D per hari.

Namun, kebutuhan ini dapat bervariasi tergantung pada kondisi kesehatan anak. Beberapa anak mungkin memerlukan lebih banyak vitamin D, terutama jika mereka memiliki kondisi medis tertentu seperti celiac, obesitas, gangguan tulang, atau setelah menjalani operasi pada tulang. 

Sumber Vitamin D untuk Anak

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D pada anak, disarankan untuk mengetahui beberapa sumber yang baik. Untuk bayi yang belum mulai makan padat, pastikan ASI mereka tercukupi setiap hari. Jika perlu, ibu dapat berkonsultasi langsung dengan dokter anak melalui aplikasi Halodoc untuk mencari informasi tentang tambahan sumber vitamin D untuk bayi.

Sementara untuk bayi yang sudah mulai makan padat dan anak-anak, penting untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi mengandung vitamin D yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Ibu bisa memberikan anak makanan seperti ikan salmon, ikan tuna, telur, susu, buah-buahan, dan sayuran yang merupakan sumber vitamin D.

Ini adalah beberapa manfaat penting dari vitamin D dan cara ibu bisa memastikan anak mendapatkan asupan vitamin D yang cukup. Selain itu, penting juga untuk menjalani pola makan dan gaya hidup sehat, serta mengajak anak berolahraga di pagi hari. Berolahraga di pagi hari dapat membantu anak mendapatkan paparan sinar matahari yang merupakan salah satu sumber vitamin D bagi kesehatan tubuh.

0 Komentar