Berukuran Lebih Besar dari Telur Ayam, Ini Manfaat dari Telur Bebek

telur
Ilustrasi Telur Bebek (pexels)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Telur menjadi bahan pangan yang mudah ditemui dan banyak diolah menjadi aneka makanan. Misalnya saja telur bebek, biasanya digunakan untuk membuat olahan berupa telur asin.

Telur bebek mempunyai karakteristik berbeda dari telur lainnya, terutama telur ayam. Dari segi ukuran, telur bebek mempunyai ukuran yang lebih besar dari telur ayam dengan warna angkan biru kehijauan.

Kemudian, bagian putih dari telur bebek, memiliki tekstur yang lebih kental jika dibandingkan dengan telur ayam. Begitupun juga dengan kolesterolnya, kadar kolesterolnya lebih tinggi dibandingkan telur ayam.

Baca Juga:Hilangkan Kotoran dengan Langkah yang Tepat, Berikut Cara Mencuci StroberiJangan Sampai Keburu Busuk, Begini Cara Menyimpan Stroberi yang Tepat

Manfaat Telur Bebek

Meskipun begitu, telur bebek mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Telur bebek sangat tinggi protein. Pada bagian kuningnya, kaya akan kandungan lemak dan kolesterol, juga vitamin dan mineral. Paling penting, kolesterol yang terkandung di dalamnya adalah jenis kolesterol baik.

Telur ini digadang-gadang sebagai jenis telur yang sangat bergizi. Kuning dari telur bebek mendapatkan warna oranye yang berasal dari pigmen alami yang disebut karotenoid. Karotenoid merupakan senyawa antioksidan yang berguna untuk melindungi sel dan DNA dari kerusakan oksidatif, yang memicu timbulnya penyakit kronis karena terkait usia.

Karotenoid dalam kuning telur diantaranya yakni lutein, karoten dan lainnya; memiliki keterkaitan dalam menurunkan risiko degenerasi makula atau penurunan kemampuan penglihatan yang disebabkan oleh pertambahan usia. Bahkan, disinyalir baik juga untuk menurunkan risiko beberapa jenis kanker.

Kuning telur bebek juga mempunyai rasa yang lebih gurih jika dibandingkan dengan telur ayam. Apalagi, kuning telurnya juga kaya akan kandungan lecithin dan choline yang sangat penting untuk kesehatan otak dan menjadi nutrisi yang penting bagi ibu hamil.

Sementara itu, bagian putihnya pun tak kalah bagus seperti kuning telurnya. Dalam putih telur bebek, memiliki kandungan kolesterol yang rendah.  Selain itu mengandung protein berupa peptida atau partikel protein yang dapat meningkatkan kesehatan optimal pada manusia.

 

 

0 Komentar