8 Jajanan Tradisional Indonesia, Mana Favoritmu?

serabi
Ilustrasi Serabi (Pixabay)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Indonesia mempunyai ragam kuliner yang unik dan khas. Baik itu pada hidangan utamanya hingga aneka jajanan tradisionalnya. Panganan berupa jajanan tradisional Indonesia, biasanya akan mudah ditemui di pasar tradisional sehingga kerap disebut sebagai jajanan pasar.

Aneka Jajanan Tradisional Indonesia

Ada banyak jajanan tradisional Indonesia yang dihimpun dari berbagai sumber. Berikut daftar jajanan tradisional Indonesia.

1. Awug

Makanan ini merupakan jajanan pasar khas Sunda atau Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan sejumlah bahan lainnya seperti air, garam, gula merah, dan kelapa parut.

Baca Juga:Bisa Jadi Lalapan atau Campuran Salad, Ini Manfaat dari Sayur KolHilangkan Kotoran dengan Langkah yang Tepat, Berikut Cara Mencuci Stroberi

Pengolahan dari awug dengan cara dikukus dengan menggunakan perabot dapur yang bisa disebut dengan aseupan. Hasil dari awug akan berbentuk seperti kerucut yang mengikuti bentuk dari perabot dapur tersebut.

2. Kue Putu

Jajanan tradisional Indonesia dari Jawa ini juga dibuat dari tepung beras. Namun campurannya yakni menggunakan gula merah kemudian dikukus dalam tabung bambu sehingga menghasilkan bentuk seperti tabung. Rasanya manis dan disajikan dengan kelapa parut.

3. Serabi

Serabi merupakan jajanan dengan tekstur khas yang terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan gula, serabi kemudian dipanggang hingga matang sempurna dengan bagia bawahnya yang biasanya nampak gosong.

4. Apem

Jajanan khas dari Yogyakarta ini terbuat dari tepung beras dan campuran telur, santan, gula, tape, dan sedikit garam. Awalnya, kue apem memiliki bentuk yang sederhana. Namun seiring perkembangan zaman, bentuk dan variasinya menjadi beragam.

5. Cucur

Cucur adalah jajanan tradisional dari betawi yang terbuat dari tepung kacang hijau. Kudapan ini mempunyai rasa yang manis dengan tekstur yang kenyal juga lembut. Bentuknya pun cenderung tebal dan menggembung seperti gunung.

6. Klepon

Nampak mirip seperti kue putu, namun bedanya klepon terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat dan diisi dengan gula merah. Teksturnya kenyal dan rasanya manis gurih berkat tambahan kelapa parut saat klepon disajikan.

7. Kue Pancong

Kue pancong merupakan jajanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras dengan campuran adonan kelapa, santan, dan garam. Kemudian dimasak dalam cetakan khusus yang menghasilkan rasa yang gurih.

Baca Juga:Jangan Sampai Keburu Busuk, Begini Cara Menyimpan Stroberi yang TepatJumlah Jemaah Haji Indonesia yang Wafat Mencapai 316 Orang

8. Nagasari

Jenis kue basah tradisional ini, termasuk jajanan Indonesia yang sangat populer. Jajanan pasar ini terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi dengan pisang lalu dibalut daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus.

 

0 Komentar