Wajib Tahu !!! Inilah Rekomendasi Desa Wisata di Jawa Barat

Desa Wisata di Jawa Barat
Desa Wisata si Jawa Barat/IDN
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Di Jawa Barat terdapat 5 desa yang memenuhi 7 kriteria penilaian, yaitu CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability), desa digital, suvenir (kuliner, fashion, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, homestay, dan toilet.

Apa saja desa-desa tersebut? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Desa Wisata Alamendah, Bandung

   Desa wisata Alamendah terletak di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Desa ini dikenal sebagai salah satu desa agronomi termaju di Kecamatan Rancabali. Wisata di desa ini meliputi Alamendah Trip, sebuah paket wisata yang menawarkan pengalaman belajar tentang pertanian, peternakan, prakarya, kesenian, dan UMKM dengan tarif Rp165 ribu per paket. Bagi pecinta kopi, ada wisata “Perjalanan Segelas Kopi” yang mengajak pengunjung untuk berjalan-jalan di kebun kopi, menanam, dan memetik buah kopi dari pohonnya langsung untuk diracik menjadi secangkir kopi yang nikmat dan segar.

Baca Juga:Ajak Teman Kesini Aja! Inilah Rekomendasi Tempat Ngopi di BandungMain Bareng Gebetan Paling Seru Kesini! Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Malam di Bali

   Destinasi wisata lainnya termasuk camping ground, Curug Awi, petik buah strawberry, tracking desa, cafe and resto, kedai, gazebo, hingga spot foto.

2. Desa Wisata Saung Ciburial, Garut

   Desa wisata Saung Ciburial terletak di Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Desa ini menawarkan konsep wisata edukasi yang menonjolkan kearifan lokal khas Desa Saung Ciburial. Wisata di sini meliputi Ngagogo, yaitu wisata budaya menangkap ikan menggunakan tangan kosong, Pandai Besi, di mana pengunjung dapat menyaksikan pembuatan besi secara tradisional. Selain itu, pengunjung dapat belajar membatik, melukis dengan media Cecempeh, bermain paintball, dan fun games edukatif dengan tarif mulai dari Rp25 ribu hingga Rp135 ribu.

   Destinasi wisata lainnya termasuk Kaulinan Barudak Lembur, belajar Pencak Silat Gajah Putih Mega Paksi Pusaka, pertunjukan atraksi ketangkasan Domba Garut, tracking desa, dan belajar bertani.

3. Desa Wisata Selasari, Pangandaran

   Desa ini terletak di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, dengan ketinggian 200-500 mdpl. Desa Selasari menawarkan berbagai macam destinasi wisata. Wisata alam di sini meliputi Goa Sutra Reregan, sebuah goa dengan lebar sekitar 12,66 meter dan tinggi 7,23 meter dengan tiket masuk Rp25 ribu. Ada juga Goa Lanang yang menawarkan aktivitas seperti river tubing, caving, outbound, dan camping ground dengan tarif Rp150 ribu. Destinasi wisata alam lainnya termasuk Santirah River Tubing dan Bukit Pepedan.

   Bagi penggemar kesenian dan budaya, ada pertunjukan seni Lebon dan ronggeng gunung. Desa Selasari juga memiliki wisata edukasi seperti budidaya lebah madu dan berbagai wisata kuliner seperti pakis crispy, kopi robusta tjap bueuk, madu jaga rasa, dan masih banyak lagi.

0 Komentar