Simak Dan Cari Tahu Manfaat Cetirizine Beserta Efek Samping Yang Di Timbulkanya !

Foto
Foto/Manfaat obat cetirizine (id.theasianparent.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV-  Manfaat obat Cetirizine adalah obat yang membantu mengatasi masalah alergi yang bisa di beli secara bebas di apotek.

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet maupun kapsul, di konsumsi dengan dosis satu kali dalam satu hari.

Nah, untuk kegunaannya sendiri, cetirizine mampu bekerja cepat dan efektif untuk mengatasi masalah alergi, harganya juga bisa di bilang cukup terjangkau.

Baca Juga:Aturan Serta Cara Penggunaan Obat Cetirizine,Yuk Simak Cara Mengonsumsinya.Net Zero Emission (NZE) Di Indonesia Akan Di Kekola Oleh PT Pertamina Hulu Energi.

Secara umum, obat cetirizine merupakan jenis obat yang aman di konsumsi.

Meski begitu, kamu tetap perlu waspada dan cermat membaca peringatan atau informasi lainnya sebelum mengonsumsi obat tersebut.

Bukan tanpa alasan, cetirizine memang obat yang di buat untuk membantu meringankan gejala alergi. Meski begitu, obat ini tidak bisa mencegah munculnya alergi, ya!

Berikut beberapa manfaat cetirizine

1. Menghambat histamin Saat mengalami kontak langsung dengan alergen atau zat yang memicu munculnya alergi, tubuh akan langsung merilis bahan kimia yang di kenal dengan nama histamin sebagai tindakan antisipasi. 

Histamin akan mengakibatkan munculnya gejala alergi, seperti bersin atau ruam gatal. Nah, cetirizine memiliki sifat antihistamin yang mampu memblokir efek dari histamin. 

2. Meredakan reaksi alergiBeberapa reaksi alergi yang bisa di tangani dengan obat cetirizine, yaitu bersin, pilek, mata terasa gatal dan berair, juga tenggorokan dan hidung yang terasa gatal.

Reaksi tersebut bisa muncul setelah tubuh mengalami kontak langsung dengan alergen, seperti serbuk sari, jamur, tanaman, bahkan bulu dari hewan peliharaan. 

Baca Juga:Cara Mengonsumsi Telur Setengah Matang Agar Aman dan Sehat Selalu.3 Makanan dan Minuman Pemicu Kanker,Simak Apa Saja Kah Itu.

3. Alergi karena obat dan makananAlergi biasanya akan memengaruhi sinus, hidung, tenggorokan, dan bagian lain dari sistem pernapasan bagian atas.

Selain itu, obat cetirizine juga membantu meringankan gatal, seperti biduran dan ruam pada kulit.

Gejala-gejala tersebut sering muncul jika kamu mengalami alergi obat atau makanan. 

Orang dewasa dan anak yang telah berusia 6 tahun atau lebih bisa mengonsumsi tablet dan kapsul.

Dosis umum untuk orang dewasa yang masih berusia kurang dari 65 tahun dan anak usia 6 tahun atau lebih adalah 10 miligram setiap hari.

Kamu tidak di anjurkan untuk mengonsumsi obat ini dengan dosis lebih dari 10 miligram dalam waktu 24 jam.

Dokter juga bisa merekomendasikan konsumsi obat cetirizine dengan dosis lebih rendah atau sebanyak 5 miligram sekali atau dua kali satu hari apabila kamu mengalami gejala alergi ringan.

Pastikan kamu bertanya pada dokter apabila hendak memberikan obat cetirizine untuk:

  • Anak-anak dengan usia antara 2 hingga 6 tahun.
  • Orang tua yang berusia lebih dari 65 tahun.
  • Seseorang dengan riwayat penyakit hati atau ginjal.

Efek Samping CetirizineCetirizine merupakan obat antihistamin generasi kedua yang bisa di bilang lebih baru.

Tak seperti obat antihistamin generasi sebelumnya, obat generasi kedua ini bisa memicu berbagai efek samping seperti kantuk, mulut kering, merasa gerah, penglihatan kabur, dan mulut terasa kering.

Beberapa orang juga mengalami muntah, diare, dan sakit perut setelah mengonsumsi obat ini. 

Segera tanyakan pada dokter apabila kamu mengalami efek samping yang tidak terduga saat mengonsumsi obat cetirizine.

Tak hanya itu, di skusikan pula apabila efek samping yang muncul terasa mengganggu aktivitas, meski memang tidak berbahaya. 

Itu dia lanjtutan dari materi sebelumnya mengenai dosis dan atura pakai  obat Cetirizine yang memiliki manfaat dan efek samping seperti yang sudah di jelaskan di atas.

0 Komentar