Mau Menanam Selada? Ketahui Cara untuk Menanamnya

selada
Ilustrasi Selada (pexels-Daniel Dan)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Memiliki beragam tanaman di pekarangan rumah, menjadi impian bagi penyuka tanaman. Tak hanya dapat mempercantik pekarangan, namun menanam juga dapat memberikan manfaat dari hasil panen yang akan didapatkan.

Misalnya saja ketika menanam selada. Selada diketahui termasuk ke dalam sayuran yang biasa dijadikan lalapan maupun campuran makanan lainnya seperti burger, salad, dan lain sebagainya dengan rasanya yang segar dan teksturnya yang renyah.

Bagi yang terbiasa menyantap selada, kini tak perlu repot-repot lagi membelinya karena bisa dipetik sendiri dari hasil panen tanaman yang telah ditanam. Jika ingin menanam selada di pekarangan rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut selengkapnya.

Baca Juga:Cara Menyimpan Selada Agar Tetap Segar dan Teskturnya RenyahJemaah Sakit Dapat Melakukan Tanazul, Apa Kriterianya?

Cara Menanam Selada

Saat menanam selada, hal yang perlu diperhatikan yakni mengenai lokasi dari tempat penanaman. Perhatikan intensitas cahaya dan suhunya. Tanaman selada akan bagus ketika ditanam dalam tempat yang cukup cerah dengan cuaca yang cukup sejuk. Begitupun juga dengan pembuangan airnya pun pastikan jika drainasenya baik.

Menanam selada di tempat yang berbeda dapat membantu mengurangi risiko penyakit yang dapat ditularkan pada selada. Tanam selada dengan menggunakan jenis tanah yang pH-nya netral atau sedikit asam dan drainasenya bagus karena hal inilah yang disukai oleh selada.

Pastikan ketika memasukkan benihnya, beri jarak paling tidak 30 cm. Namun menanam selada berdekatan juga hal yang bagus karena dapat menekan serangan gulma. Lalu, perhatikan juga hal lainnya seperti pemberian air dan pupuk.

Selada sebaiknya disiram dengan teratur ketika tanahnya terlihat kering. Kemudian, untuk pupuknya, dapat diberikan ke dalam tanah sebelum selada ditanam. Keberadaan pupuk pada selada sama seperti untuk tanaman lainnya yakni dapat memberikan hasil yang bagus ketika dipanen.

Selada dapat dipanen ketika pagi hari dengan memangkas bagian daun luarnya. Perhatikan juga saat penyimpanannya. Pastikan jika selada yang akan disimpan, dalam kondisi yang kering. Bisa dengan cara dibungkus oleh selembar tisu dapur yang baru dan kering, pindahkan selada ke dalam wadah tertutup dan simpan di kulkas.

 

 

0 Komentar