Jenis Tanaman Obat untuk Alternatif Tanaman di Rumah

kumis kucing
Ilustrasi Tanaman Obat (Pixabay/ignartonosbg)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Tidak hanya jenis tanaman hias saja yang bisa ditanam di pekarangan rumah. Jenis tanaman obat juga dapat jadi alternatif lain untuk ditanam karena berkhasiat sebagai obat yang disinyalir berguna untuk menyembuhkan penyakit.

Dari banyaknya jenis tanaman obat yang ada, pemanfaatannya pun berbeda-beda. Ada yang berasal dari bagian daunnya, ada yang batangnya, bahkan umbinya. Beberapa diantaranya pun bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur.

Agar tanaman di pekarangan bisa lebih berguna, maka tak ada salahnya untuk mencoba menanam jenis tanaman obat apalagi jika sedang dibutuhkan. Berikut, macam-macam tanaman obat yang berguna sebagai obat-obatan herbal.

Baca Juga:Cara Menyimpan Timun yang Tepat Agar Tidak Cepat BusukCari Peluang Usaha Sambil Bertanam, Ini Macam-macam Sayuran yang Cepat Panen

– Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing disinyalir dapat menjadi obat herbal yang berkhasiat untuk kesehatan sebagai diuretic, terutama pada bagian daunnya. Bagian daunnya bahkan telah banyak dijadikan obat herbal. Selain itu, kumis kucing juga mengandung tinggi antioksidan.

– Sirih

Tanaman sirih juga bersifat analgesik sebab mampu meredakan nyeri akibat luka, ruam, dan masalah kulit lainnya. Bagian daunnya memiliki kandungan tannin (antioksidan) dan kerap dimanfaatkan sebagai campuran obat antiseptik.

– Kemangi

Tanaman dengan bagian daunnya yang wangi ini, merupakan salah satu jenis lalapan yang biasa dijadikan pendamping saat makan nasi dengan tambahan sambal. Kemangi rupanya memiliki manfaat yakni mencegah kanker hingga menjaga kesehatan pencernaan.

– Bawang Putih

Selain berguna sebagai bumbu dapur untuk memberi rasa yang sedap pada makanan, bawang putih merupakan tanaman umbi yang memiliki khasiat. Bawang putih mengandung senyawa antibakteri yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

– Serai

Berbeda dengan beberapa tanaman di atas, bagian dari tanaman serai yang biasa dimanfaatkan yakni bagian batangnya. Serai juga termasuk jenis bumbu dapur dengan aroma yang segar. Memiliki manfaat diantaranya sebagai antimikroba, sifat antipiretik, dan lainnya.

– Jahe

Jahe adalah salah satu jenis tanaman obat yang memiliki kandungan gingerol atau zat anti radang dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Sebagai tanaman obat-obatan, jahe berguna untuk mengatasi sakit perut, mual, nyeri haid, rematik, dan masih banyak lagi.

0 Komentar