Jangan Sampai Keburu Busuk, Begini Cara Menyimpan Stroberi yang Tepat

stroberi
Ilustrasi Stroberi (net/ Radar Lebong)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Stroberi merupakan jenis buah beri yang mudah ditemukan di Indonesia. Memilik warna merah terang dengan rasa asam manis. Buah ini memiliki manfaat yang berlimpah untuk kesehatan.

Manfaat tersebut diantaranya mencegah sembelit, menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, dan masih banyak lagi. Stroberi juga mengandung zat besi dan antioksidan yang berguna untuk memperbaiki rambut rusak.

Sayangnya, stroberi termasuk jenis buah yang mudah membusuk. Pasalnya, buah ini mempunyai kulit yang tipis dan rapuh sehingga membuatnya menjadi mudah rusak dan membusuk. 

Baca Juga:Jumlah Jemaah Haji Indonesia yang Wafat Mencapai 316 OrangDear Jemaah! Jangan Lupa Tunaikan Tawaf Wada', Jemaah Perempuan yang Haid Tidak Wajib Melakukannya

Cara Menyimpan Stroberi

Agar stok stroberi di rumah yang akan digunakan untuk menjadi berbagai olahan bisa bertahan cukup lama, maka stroberi perlu disimpan dengan tepat. Namun hal ini dimulai dari pemilihan stroberi yang bagus sebelum membeli.

Disebutkan dalam Better Homes & Gardens, jika saat memilih stroberi, carilah buah yang keras dan berwarna cerah. Lalu, bagian atas yang berwarna hijau juga memberikan indikasi kesegaran. Hindari untuk membeli stroberi dengan bagian atas berwarna gelap dan keriput.

Sebelum disimpan, jangan cuci stroberi. “Kami menemukan bahwa yang terbaik adalah menyimpan stroberi, tidak dicuci dan utuh, sampai Anda siap menggunakannya,” saran Lynn Blanchard, direktur Better Homes & Gardens Test Kitchen.

Pencucian pada stroberi konon akan berpotensi mengalami pembusukan pada stroberi. “Penting untuk tidak mencuci buah beri sebelum disimpan. Mereka cenderung menyerap air, dan itu memperpendek umur simpannya.”

Stroberi dapat disimpan di lemari es dengan wadah dari tempat pengemasan stroberi saat membelinya. Bisa juga dengan memindahkannya pada sebuah wadah sambil diberi alas. Tutup wadah tersebut dan taruh di bagian rak lemari es. 

Namun, umur simpan stroberi, kembali lagi pada tingkat kesegarannya saat membeli. Stroberi konon paling baik jika disimpan dalam waktu kurang lebih 3 hari di dalam lemari es. Meski begitu, disebutkan juga jika stroberi bisa disimpan selama 1 minggu.

Agar lebih lama, stroberi bisa disimpan dalam freezer ketimbang di rak lemari es. Hanya saja tentu kondisi stroberi akan beku dan teksturnya sudah berbeda.

Baca Juga:Selain Enak Jadi Lalapan, Timun Juga Banyak Manfaat! Ketahui Macam-macam ManfaatnyaJenis Tanaman Obat untuk Alternatif Tanaman di Rumah

Jangan lupa untuk membiarkan tangkai dan daun tetap utuh agar dapat melindungi daging buah stroberi sehingga dapat memperpanjang masa penyimpanannya. Kemudian, pisahkan stroberi yang busuk agar tidak tertular dengan yang masih bagus. 

 

 

0 Komentar