Hilangkan Kotoran dengan Langkah yang Tepat, Berikut Cara Mencuci Stroberi

stroberi
Ilustrasi Stroberi (PIXABAY/TRIGGERMOUSSE)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Sebelum mengonsumsi buah, terutama buah yang dapat dimakan langsung beserta bagian luar atau kulitnya, ada bagusnya untuk dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dicuci.

Hal ini berguna untuk menghilangkah kotoran, bahan kimia, atau bahkan hewan yang mungkin menempel pada buah. Begitupun ketika kamu ingin mengosumsi stroberi. Lakukan pencucian dengan tepat agar menghilangkan kotoran dan lainnya.

Mencuci stroberi adalah hal yang perlu dilakukan saat sebelum mengonsumsinya. Namun ketika belum ingin mengonsumsinya, maka bisa disimpan terlebih dahulu tanpa harus melakukan pencucian agar stroberi tidak cepat busuk.

Baca Juga:Jangan Sampai Keburu Busuk, Begini Cara Menyimpan Stroberi yang TepatJumlah Jemaah Haji Indonesia yang Wafat Mencapai 316 Orang

Cara Mencuci Stroberi

Stroberi yang keburu dicuci sebelum disimpan, dapat mempercepat pembusukan pada stroberi. Dalam Better Homes & Gardens disampaikan, “Kelembapan tambahan mendorong pertumbuhan jamur dan kerusakan buah,” kata Brekke. “Jika memungkinkan, cuci stroberi sebelum disajikan.”

Saat mencuci stroberi, pastikan jika tangan dalam keadaan yang bersih. Pembersihan bisa dilakukan hanya dengan menggunakan air yang mengalir. Tampung air dalam mangkuk lalu rendam stroberi di bawah air yang mengalir sambil digosok pelan. Keringkan jika sudah.

Bisa juga menggunakan cuka dengn cara mengisi mangkuk dengan air dan cuka, perbandingannya 3:1 (3 bagian untuk air dan 1 bagian untuk cuka).  Biarkan buah stroberi terendam selama 20 menit. lalu saring dan bilas perlahan dengan air dingin.

Setelah dicuci, keringkan stroberi dan ketika ingin disimpan, perlu gunakan tisu dapur untuk alasnya. Konon, pencucian stroberi dengan cuka dapat menjaga kesegarannya selama seminggu penuh. Bahkan ada beberapa sumber yang menyebutkan jika kondisinya tetap prima sampai 14 hari.

Cara lainnya, bisa menggunakan soda kue. Beberapa orang menyarankan untuk merendam buah beri selama 5 menit dalam mangkuk besar berisi 4 gelas air dan 1 sendok teh soda kue, lalu bilas dengan air dingin. Sayangnya, cara ini dapat memperpendek umur stroberi sehingga harus segera konsumsi.

Cara terakhir, bisa menggunakan air garam. Perendama stroberi, dapat dilakukan dalam campuran 1 cangkir air dan 1 sendok teh garam (aduk hingga larut), lalu bilas dengan air dingin. Gunanya, untuk membantu menghilangkan serangga kecil dan larva yang mungkin ada pada stroberi.

 

0 Komentar