Bisa Jadi Lalapan atau Campuran Salad, Ini Manfaat dari Sayur Kol

kol
Ilustrasi Kol (Tokopedia)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kubis atau biasa disebut dengan kol, merupakan sayuran yang biasa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Sayuran ini mempunyai tekstur yang renyah dan rasa yang khas serta memiliki beragam warna yakni putih, hijau sampai ungu.

Sayuran ini biasanya diolah menjadi berbagai bentuk hidangan seperti lalapan, tumisan, sup sayuran, ataupun salad sayur. Bahkan, seringkali kol juga menjadi campuran untuk membuat gorengan berupa bakwan.

Sama seperti jenis sayuran lainnya, kol juga mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan. Agar mendapatkan manfaat yang terkandung, kol dapat dikonsumsi secara rutin. Untuk mengetahui manfaatnya, berikut selengkapnya.

Baca Juga:Hilangkan Kotoran dengan Langkah yang Tepat, Berikut Cara Mencuci StroberiJangan Sampai Keburu Busuk, Begini Cara Menyimpan Stroberi yang Tepat

Manfaat Kol

Mengonsumsi serat menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Untuk mendapatkan asupan serat, tentunya perlu mengonsumsi sayuran. Misalnya saja, dengan mengonsumsi kol. Sayuran ini kaya akan serat tidak larut yang ramah usus, yakni sejenis karbohidrat yang tidak dapat dipecah di usus. 

Mengonsumsi kol juga dapat berguna untuk menjaga kesehatan jantung, terutama pada kol ungu. Kol ungu mengandung senyawa kuat yang disebut anthocyanin, yakni pigmen tumbuhan yang termasuk dalam keluarga flavonoid. Hal ini dibuktikan dari banyaknya penelitian yang ada jika makanan dengan anthocyanin dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain jeruk, kol termasuk sayuran dengan kandungan vitamin C. Kol yang mengandung vitamin C, merupakan antioksidan yang kuat. Hal ini berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang menjadi penyebab banyak penyakit kronis termasuk kanker. 

Sayuran ini juga termasuk rendah kalori sehingga dapat menjadi alternatif pengganti makanan padat kalori agar berat badan tetap seimbang. Kalorinya yang rendah tentunya menjadi pilihan yang tepat untuk seseorang yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Untuk menikmati kol sebagai menu diet yang enak, sayuran ini bisa dimakan langsung ataupun bisa ditambah untuk menjadi berbagai hidangan, seperti salad. Dengan menambahkan sayuran seperti kol dalam menu makanan harian, menjadi langkah untuk menjaga kesehatan tubuh.

0 Komentar