Aturan Serta Cara Penggunaan Obat Cetirizine,Yuk Simak Cara Mengonsumsinya.

Foto
Foto/Manfaat obat cetirizine (www.pameranata.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Untuk kali ini kita akan membahas mengenai obat Cetirizine  Cetirizine merupakan obat antihistamin.

Obat ini bekerja dengan cara memblokir histamin, yaitu senyawa yang meningkat jumlahnya dan menimbulkan gejala alergi saat tubuh terpapar alergen (zat pemicu alergi).

Cetirizine adalah obat untuk meredakan gejala akibat reaksi alergi, seperti mata berair, bersin-bersin, hidung meler, atau gatal di kulit, tenggorokan, maupun hidung.

Baca Juga:Net Zero Emission (NZE) Di Indonesia Akan Di Kekola Oleh PT Pertamina Hulu Energi.Cara Mengonsumsi Telur Setengah Matang Agar Aman dan Sehat Selalu.

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, kaplet, kapsul, sirop, atau obat tetes oral (drops).

Selain itu, cetirizine juga dapat di gunakan untuk mengatasi gejala rhinitis atau batuk pilek yang tidak di sebabkan oleh alergi, maupun sebagai obat darah manis.

Perlu diketahui bahwa cetirizine tidak bisa menyembuhkan alergi. Cara terbaik untuk mencegah timbulnya reaksi alergi adalah dengan menghindari paparan zat pemicu alergi.

Merek dagang cetirizine bentuk sirop dan drops: Cerini Sirup, Cetirizine Sirup Dexa, Cetzin, Hufarizine, Ryvel Sirup, Ryvel Drop,  Simzen, Zine

Merek dagang cetirizine bentuk kapsul dan tablet: Allerzen, Cerini Tablet, Cetirizine Dexa Medica, Cetirizine Hexpharm, Cetirizine Novell, Cetirizine Nulab, Cetymin, Falergi, Gentrizin, Histrine, Incidal-OD, Lerzin, Ozen, Prosix, Rydian, Risina, Ritez FT, Ryvel Tablet, Tiriz.

Cetirizine biasanya di gunakan untuk mengatasi kondisi akibat alergi berikut:

  • Biduran
  • Rhinitis alergi
  • Konjungtivitis alergi
  • Gatal-gatal atau pruritus
  • Angioedema
  • Reaksi anafilaksis

Dosis dan Aturan Pakai CetirizineDosis cetirizine yang di resepkan oleh dokter dapat berbeda-beda untuk tiap pasien.

Dokter akan menyesuaikan dosis dan lama penggunaan obat sesuai usia, kondisi kesehatan secara keseluruhan, dan reaksi tubuh pasien terhadap obat. Secara umum, berikut adalah dosis cetirizine:

Baca Juga:3 Makanan dan Minuman Pemicu Kanker,Simak Apa Saja Kah Itu.2 Penyakit Penyebab Gangguan Elektrolit Yang Harus Kita Waspadai !

Dewasa dan anak usia >6 tahun: 5–10 mg, per hari.Anak usia 2–6 tahun: 2,5 mg, 1–2 kali sehari atau 5 mg 1 kali sehari. Dosis maksimal adalah 5 mg per hari.

Cara Mengonsumsi Cetirizine dengan BenarGunakan cetirizine sesuai dengan resep dokter dan petunjuk pada kemasan obat. Jangan mengurangi atau menambah dosis yang di konsumsi tanpa petunjuk dokter.

Cetirizine bisa di konsumsi bersama atau tanpa makanan. Tablet, kaplet, atau kapsul cetirizine perlu di telan secara utuh bersama segelas air. Jangan mengunyah atau menghancurkan obat.

Cetirizine dalam bentuk sirop atau drops perlu di kocok sebelum di gunakan. Gunakan alat takar untuk mengonsumsi cetirizine sirop atau drops agar dosis yang di konsumsi sesuai dengan kebutuhan.

Jika lupa mengonsumsi cetirizine, segera konsumsi begitu teringat. Namun, bila jeda waktu dengan dosis selanjutnya sudah dekat, abaikan dosis tersebut dan jangan menggandakan dosis selanjutnya.

Cetirizine umumnya hanya di gunakan ketika ada gejala dan bisa di hentikan setelah gejala membaik atau hilang.

Namun, pada beberapa kasus, dokter dapat menganjurkan obat ini di konsumsi untuk waktu yang lebih lama.

Simpan cetirizine di tempat kering dan sejuk yang terhindar dari sinar matahari langsung. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Demikian pembahasan mengenai obat cetirizine yang sering kita ketahui sebagi obat mengurangi rasa gatal beserta cara penggunaan,dosis obat tersebut.

0 Komentar