Ini Dia, Negara dengan Bendera yang Mirip! Ada Indonesia dan Monako

bendera
Unsplash -Jannis Lucas
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Identitas dari suatu negara, dapat dikenali dari warna benderanya. Namun ada beberapa negara yang memiliki bentuk dan warna yang mirip sehingga menjadi sulit untuk dibedakan. Beberapa diantaranya yakni Indonesia dan Monako.

1. Indonesia dan Monako          

Indonesia dikenal mempunyai bendera dengan warna merah putih. Ternyata, ada juga negara lainnya yang juga mempunyai warna yang sama yakni Monako. Selain warnanya, bendera dari kedua negara tersebut menggunakan warna merah di atas dan putih di bawah dengan dua garis mendatar.

Namun bedanya, kedua bendera tersebut mempunyai dimensi yang berbeda. Bendera Indonesia memiliki perbandingan tinggi dan lebar 2:3, sedangkan bendera Monaco memiliki perbandingan tinggi dan lebar 4:5. Lalu, bendera Monaco didasarkan pada warna heraldik pada perisai lengan pangeran Monegasque sementara bendera Indonesia berasal dari hubungannya dengan kerajaan Majapahit. 

Baca Juga:Punya Banyak Stok Jeruk di Rumah? Bikin Jadi Beragam Olahan Ini SajaSimak Tips Ini Agar Hasilnya Mulus Setelah Direbus: Inilah Cara untuk Mengupas Telur

2. Chad dan Rumania

Negara selanjutnya yakni Chad dan Rumania. Kedua bendera ini, memiliki desain dan ukuran yang hampir identik yakni sama-sama memiliki tiga warna (biru, kuning, dan merah) yang dipisahkan garis vertikal. Namun jika diamati lebih dekat, akan terlihat sedikit perbedaan warna antara garis vertikal biru, kuning, dan merah.

Perbedaan kedua bendera tersebut juga karena adanya latar belakang yang berbeda. Bendera Rumania berasal dari tahun 1861, berdasarkan versi sebelumnya dengan garis horizontal. Sedangkan bendera Chad pertama kali dikibarkan pada tahun 1959 setelah negara tersebut memperoleh kemerdekaan dari Prancis.

3. Selandia Baru dan Autralia 

Jika melihat sekilas, bendera Selandia Baru dan Autralia seperti terlihat mirip. Namun ketika diperhatikan seksama, akan terlihat jelas perbedaannya. Perbedaan tersebut terdapat pada gambar bintang yang menghiasi latar bendera dari kedua negara tersebut.

Untuk bendera Selandia baru, terdapat empat bintang yang berwarna merah putih dengan masing-masing bintang berujung lima buah. Sedangkan bendera Australia lima bintang putih berujung tujuh buah serta sebuah bintang berujung lima buah, dimana salah satu bintang merupakan bintang “persemakmuran” keenam dengan ukuran yang lebih besar.

4. Senegal dan Mali

Negara berikutnya yang mempunyai bendera mirip yakni Senegal dan Mali. Kedua negara tersebut memiliki dimensi yang sama dan desain dasar garis vertikal hijau-kuning-merah, meskipun ada sedikit perbedaan corak warna. Perbedaan lainnya yaitu bendera Senegal mempunyai bintang hijau di bagian tengahnya.

5. Irlandia dan Pantai Gading

Bendera dari kedua negara ini sebenarnya kurang mirip karena posisi warna yang berbeda, meskipun desain garisnya sama dan komposisi warnanya pun sama yakni hijau, putih, dan oranye. Pada bendera Irlandia, posisi warnanya yakni hijau, putih, dan oranye. Sedangkan bendera Pantai Gading berwarna oranye, putih, dan hijau.

0 Komentar