5 Penyebab Pembuluh Darah Pecah Yang Sering Dialami Oleh Orang Banyak.

Foto
Foto/Rusaknya pembuluh darah (www.istockphoto.com)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV-Pembuluh darah merupakan serangkaian sistem tertutup yang memegang peran penting dalam mengedarkan darah ke seluruh tubuh.

Dalam darah terkandung oksigen dan nutrisi yang menyokong kehidupan sel. Agar fungsi ini berjalan dengan semestinya, di perlukan pembuluh darah yang sehat.

Pembuluh darah pecah selama ini lebih sering di kaitkan dengan stroke. Kondisi ini juga umumnya di kaitkan dengan kondisi yang berbahaya.

Baca Juga:Kenali Zat Kimia Natrium Dalam Makanan Yang Sering Kita Konsumsi.Monosodium Glutamat Dalam Produk Makanan,Simak Kegunaannya.

Namun, sebenarnya bahaya atau tidaknya pembuluh darah pecah tergantung pada lokasi dan seberapa parah kerusakan yang terjadi.

Jika terjadi kerusakan, seperti pembuluh darah pecah, maka pasokan darah dan oksigen ke berbagai organ tubuh tentunya akan terganggu.

Dampak yang di timbulkan dari kerusakan pembuluh darah bisa beragam, mulai dari kekurangan oksigen hingga kematian jaringan.

Penyebab Pembuluh Darah PecahBanyak hal yang dapat menyebabkan pembuluh darah pecah, termasuk kegiatan sehari-hari ataupun penyakit tertentu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan pembuluh darah pecah:

1.CederaPembuluh darah pecah dapat di sebabkan oleh faktor eksternal atau dari luar tubuh, seperti cedera akibat benturan dengan benda tumpul maupun benda tajam. Contohnya adalah terbentur tembok, kecelakaan, dan luka tusuk.

2.Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat meningkatkan risiko pecahnya pembuluh darah. Hal tersebut dapat terjadi karena peningkatan tekanan darah dalam pembuluh darah yang membuat pembuluh darah menjadi kurang elastis dan lebih rentan pecah.

3.Plak pada pembuluh darah

Plak yang terbentuk akibat tingginya kadar lemak atau kolesterol dapat membuat pembuluh darah menjadi keras dan menyempit.

Baca Juga:Jangan Konsusmi Berlebih ! 4 Resiko Dan Bahaya Mengonsumsi Mie instan.Gojek berkolaborasi Dengan Airpro Tawarkan Kenyamanan Untuk Konsumen Lewat Pengharum Kabin Mobil.

Kondisi ini kemudian akan menyebabkan tekanan dalam pembuluh darah meningkat dan mengakibatkan pembuluh darah pecah.

4.Peradangan pembuluh darah

Peradangan pada pembuluh darah atau vaskulitis dapat membuat dinding pembuluh darah lebih mudah pecah.

Kondisi ini pun dapat meningkatkan risiko terjadinya pembuluh darah pecah, terlebih jika di barengi dengan tingginya tekanan darah.

5.Kelainan genetik

Salah satu bentuk kelainan genetik yang dapat menyebabkan pembuluh darah pecah adalah aneurisma.

Aneurisma terjadi ketika adanya penggembungan pembuluh darah yang rapuh atau mudah pecah.

Kondisi ini dapat terbentuk akibat peningkatan tekanan dalam pembuluh darah yang mendorong pembuluh darah yang lemah hingga menggembung.

Itu dia 5 penyebab yang menyebabkan pembuluh darah pecah yang sering dilami oleh orang banyak.

0 Komentar