Yuk! Bikin Kreasi Makanan Manis Berbahan Dasar Ubi, Cocok Jadi Teman Nyore Kamu

Yuk! Bikin Kreasi Makanan Manis Berbahan Dasar Ubi, Cocok Jadi Teman Nyore Kamu
Yuk! Bikin Kreasi Makanan Manis Berbahan Dasar Ubi, Cocok Jadi Teman Nyore Kamu/ happyfresh
0 Komentar

RADARCIREBON.TV– Ubi salah satu umbi yang banyak tersebar di tanah Indonesia. 

Ubi bisa dimakan langsung atau dijadikan campuran dalam membuat kudapan manis. 

Ubi adalah makanan pokok yang kaya akan nutrisi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Ada beberapa jenis ubi yang populer, seperti ubi kuning, ubi ungu, dan ubi putih.

Baca Juga:Pakai Snapdragon 8 Gen 4, Prediksi Harga Hp Lipat Oneplus Open 2 Berapa? Jangan Kaget2025 Butuh Hp Baru? Siap-Siap Tersihir Ponsel Oneplus Open 2, Berikut Spesifikasi

Sumber serat dan tinggi akan vitamin, ubi banyak dipilih menjadi bahan utama sumber karbohidrat sebab sekali makan saja sudah terasa mengenyangkan.

Berikut beberapa referensi kreasi menu makanan manis berbahan dasar ubi yang bisa kamu bikin di rumah. 

Cocok untuk jadi teman ngopi, teh, atau teman sore kamu: 

1. Kolak Ubi

Bahan:

500 gram ubi (kuning atau ungu)200 gram gula merah100 gram gula pasir2 lembar daun pandan1 liter santanSejumput garam

Cara membuat:

Kupas ubi dan potong dadu.Rebus ubi hingga setengah matang, lalu tiriskan.Didihkan santan bersama daun pandan dan sejumput garam.Masukkan gula merah dan gula pasir, aduk hingga larut.Tambahkan ubi dan masak hingga ubi matang sempurna dan kuah mengental.

2. Puding Ubi Ungu

Bahan:

500 gram ubi ungu1 liter susu cair200 gram gula pasir2 bungkus agar-agar bubukSejumput garam1 sendok teh vanili

Cara membuat:

Kukus ubi ungu hingga matang, lalu haluskan.Campurkan ubi halus dengan susu cair, gula pasir, agar-agar bubuk, dan sejumput garam.Masak campuran tersebut sambil diaduk hingga mendidih.Tambahkan vanili dan aduk rata.Tuang adonan ke dalam cetakan puding, lalu dinginkan hingga mengeras.

3. Donat Ubi

Bahan:

Baca Juga:Xiaomi 15 Kandidat Hp yang Pakai Snapdragon 8 Gen 4 Pertama di Dunia, Siap Lawan ROG?Qualcomm Siapkan Amunisi Snapdragon 8 Gen 4, Sengeri Apa?

500 gram ubi jalar (kuning atau ungu), kukus dan haluskan500 gram tepung terigu100 gram gula pasir2 butir telur1 sendok makan ragi instan100 ml susu cair hangat50 gram margarin, lelehkanSejumput garam

Cara membuat:

Campurkan ubi yang sudah dihaluskan dengan gula pasir, telur, dan ragi instan. Aduk rata.Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diuleni.Tuangkan susu cair hangat dan margarin leleh, uleni hingga adonan kalis.Diamkan adonan selama 1 jam hingga mengembang.Bentuk adonan menjadi bulatan dan lubangi tengahnya.Goreng donat dalam minyak panas hingga kuning kecokelatan.Angkat dan tiriskan, taburi dengan gula halus atau topping sesuai selera.

4. Kue Ubi Kukus

Bahan:

500 gram ubi (kuning atau ungu), kukus dan haluskan200 gram tepung ketan100 gram gula pasir200 ml santanSejumput garamPewarna makanan (opsional)

Cara membuat:

Campurkan ubi halus dengan tepung ketan, gula pasir, dan sejumput garam.Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan bisa dipulung.Bentuk adonan sesuai selera, bisa bulat atau lonjong.Kukus adonan selama 30 menit hingga matang.Angkat dan sajikan hangat atau dingin.

5. Bolu Kukus Ubi Ungu

Bahan:

250 gram ubi ungu, kukus dan haluskan200 gram gula pasir4 butir telur200 ml santan200 gram tepung terigu1 sendok teh baking powder1 sendok teh vaniliSejumput garam

Cara membuat:

Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih.Tambahkan ubi ungu yang sudah dihaluskan, santan, dan vanili. Aduk rata.Campurkan tepung terigu, baking powder, dan sejumput garam. Masukkan ke dalam adonan ubi sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti.Kukus selama 30-40 menit hingga matang.Angkat, dinginkan, dan potong-potong sesuai selera.

6. Brownies Ubi

Bahan:

250 gram ubi jalar, kukus dan haluskan200 gram gula pasir150 gram tepung terigu50 gram cokelat bubuk2 butir telur100 ml minyak sayur1 sendok teh baking powder1 sendok teh vaniliSejumput garam

Cara membuat:

Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih.Tambahkan ubi jalar yang sudah dihaluskan, minyak sayur, dan vanili. Aduk rata.Campurkan tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, dan sejumput garam. Masukkan ke dalam adonan ubi sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti.Panggang dalam oven dengan suhu 180°C selama 30-35 menit.Angkat, dinginkan, dan potong-potong sesuai selera.

7. Pie Ubi

Bahan:

500 gram ubi jalar, kukus dan haluskan100 gram gula pasir2 butir telur200 ml susu kental manis1 sendok teh kayu manis bubuk1 sendok teh vaniliKulit pie siap pakai

Cara membuat:

Campurkan ubi jalar yang sudah dihaluskan dengan gula pasir, telur, susu kental manis, kayu manis bubuk, dan vanili. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.Tuang adonan ubi ke dalam kulit pie yang sudah disiapkan.Panggang dalam oven dengan suhu 180°C selama 30-40 menit hingga adonan ubi matang dan kulit pie berwarna kecokelatan.Angkat, dinginkan, dan sajikan.

8. Pancake Ubi

Bahan:

250 gram ubi jalar, kukus dan haluskan200 gram tepung terigu2 sendok makan gula pasir2 sendok makan susu bubuk2 butir telur1 sendok teh baking powder1/2 sendok teh vanili200 ml susu cairSejumput garam

Cara membuat:

Campurkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, baking powder, vanili, dan sejumput garam. Aduk rata.Tambahkan ubi jalar yang sudah dihaluskan, telur, dan susu cair. Aduk hingga adonan tercampur rata dan tidak menggumpal.Panaskan wajan anti lengket dan olesi dengan sedikit margarin.Tuang satu sendok sayur adonan ke dalam wajan, masak hingga muncul gelembung di permukaan, lalu balik dan masak hingga kedua sisi matang.Sajikan pancake dengan madu, sirup maple, atau topping lainnya sesuai selera.

Selamat mencoba berbagai kreasi makanan manis berbahan dasar ubi ini!

 

0 Komentar