Simak Tips Ini Agar Hasilnya Mulus Setelah Direbus: Inilah Cara untuk Mengupas Telur

telur
Ilustrasi Telur (ABC News)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Ada beragam cara untuk mengolah telur. Bisa digoreng ataupun direbus, yang setelahnya bisa dimakan langsung ataupun ingin diolah lagi menjadi beragam bentuk masakan.

Pada pengolahan dengan cara direbus, terkadang membuat bagian kulitnya akan sulit untuk dilepas. Ketika dipaksakan untuk melepas kulitnya, hal itu dapat membuat permukaan telur menjadi kurang rapi.

Agar telur yang akan dikupas nampak mulus tanpa terkoyak, ada cara yang bisa dilakukan sebelum dilakukan pengupasan. Berikut simak beberapa caranya agar telur yang dikupas bisa terlihat sempurna.

Baca Juga:Jaga Agar Tetap Segar, Begini Cara Menyimpan KentangMemudahkan Jemaah Haji, Ketahui Lokasi Enam Pos Sektor yang Berada di Masjid Nabawi

Cara Mengupas Telur

Untuk mengupas telur bisa dilakukan tanpa bantuan alat maupun menggunakan bahan tambahan. Misalnya tanpa bantuan alat. Cukup gulirkan telur di atas meja sampai bagian kulitnya retak. Ketika sudah retak, maka akan lebih mudah untuk dikupas.

Cara berikutnya, bisa dengan cara menggunakan bahan tambahan seperti toples dan air matang. Caranya yaitu dengan memasukkan satu butir telur dalam toples, lalu isi dengan air secukupnya. Tutup toples sampai rapat dan kocok toples.

Cara lainnya bisa dengan menggunakan bantuan dari sendok makan. Caranya yaitu pecahkan telur sampai nampak celah untuk akses sendok makan bisa masuk kedalamnya. Masukkan sendok lalu putar sampai bagian kulitnya lepas.

Cara selanjutnya bisa dengan menggunakan air dingin. Caranya rendam telur rebus ke dalam air dingin selama kurang lebih dua menit dan biarkan sampai bagian kulitnya merenggang. Ketika kulit sudah nampak renggang, bisa dikupas.

Selain dengan air dingin, mengupas telur juga di bawah air mengalir. Hanya saja, cara ini cukup bikin boros air. Namun jika ingin mencobanya, caranya yaitu biarkan air mengalir ke bawah lapisan telur. Air pun akan merembes ke bagian bawah lapisan telur sehingga akan memudahkan kulitnya terlepas.

Terakhir, bisa gunakan soda kue. Disebutkan jika merebus telur menggunakan soda kue, bisa meningkatkan pH pada putih telur. Ketika hal ini terjadi, maka kulit telur akan mudah lepas lantaran pH pada putih telur menjadi tinggi.

 

 

0 Komentar