Selain Pempek, Ikan Tenggiri Dapat Diolah Menjadi Aneka Olahan Ini

batagor
Ilustrasi Olahan Ikan Tenggiri (Pixabay @Naiyana/ Kumparan)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Ikan tenggiri termasuk ke dalam salah satu ikan yang populer di Indonesia karena biasa dibuat menjadi berbagai makanan. Salah satu makanan yang biasa diolah dari ikan tenggiri yaitu pempek.

Pempek atau bisa disebut juga dengan empek-empek merupakan hidangan khas Palembang dengan cita rasa ikan karena terbuat dari bahan utama ikan tenggiri. Disajikan dengan kuah berwarna hitam dengan rasa asam, manis, dan pedas bernama cuko.

Makanan ini merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia dengan berbagai variasi bentuk. Ada pempek kapal selam, lenjer, lenggang, dan lainnya. Selain pempek, ada juga olahan ikan tenggiri lainnya yang tak kalah lezat.

Baca Juga:Jangan Sampai Salah Pilih Agar Tidak Mempengaruhi Rasa, Begini Cara Memilih TempeBisa Bikin Kentang Goreng Jadi Renyah, Simak Tips Membuatnya

1. Otak-otak

Salah satu olahan dari ikan tenggiri selain pempek yakni otak-otak. Otak-otak adalah makanan yang diolah dari ikan tenggiri yang dicincang. Kemudian, dibungkus dengan daun pisang, lalu dimasak dengan cara dipanggang, dan disajikan bersama cocolan berupa saus kacang atau kuah asam pedas. 

2. Batagor

Batagor merupakan salah satu jajanan khas Bandung yang telah dikenal hampir di seluruh wilayah di Indonesia dan bisa ditemui hampir di manapun. Batagor memiliki rasa yang khas berasal dari ikan yakni ikan tenggiri sebagai salah satu bahan adonan dasarnya.

3. Siomay

Ikan tenggiri giling juga dapat digunakan sebagai isian siomay. Hampir mirip seperti batagor, namun siomay dibuat dengan cara dikukus. Cara penyajiannya pun juga sama seperti batagor yakni dinikmati dengan menggunakan sambal kacang.

4. Tekwan

Makanan khas Palembang lainnya selain pempek yakni tekwan, merupakan makanan yang mirip bakso ikan dan terbuat dari ikan tenggiri. Makanan ini begitu khas memiliki aroma ikan karena selain terbuat dari ikan tenggiri untuk bahan tekwan, ada penggunaan udang sebagai kaldu kuahnya.

5. Tumis Ikan Tenggiri

Selain jadi camilan, ikan tenggiri juga cocok untuk jadi lauk. Misalnya dengan membuat tumis ikan tenggiri. Tak perlu repot untuk mengolahnya, cuup gunakan beberapa bumbu aromatik dan beberapa tambahan bumbu lainnya seperti kemangi, tomat, dan lainnya agar lebih segar.

0 Komentar