Punya Banyak Stok Jeruk di Rumah? Bikin Jadi Beragam Olahan Ini Saja

jeruk
(faperta.umsu.ac.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Buah bisa dinikmati langsung, bisa juga diolah menjadi berbagai olahan. Misalnya saja jeruk. Buah yang dikenal kaya akan kandungan vitamin C ini, bagus untuk dikonsumsi rutin karena dapat membantu menjaga kesehatan.

Jeruk biasanya sering diolah menjadi jus jeruk. Minuman yang sehat dan menyegarkan ini, menjadi solusi praktis untuk menikmati jeruk dimanapun sambil melepas dahaga namun kaya akan nutrisi.

Selain diolah menjadi jus, jeruk juga bisa diolah menjadi berbagai bentuk olahan lainnya yang tak kalah menyegarkan dari jus jeruk. Bahkan, bisa dimanfaatkan menjadi bentuk makanan. Untuk mengetahuinya, simak olahan apa saja yang bisa dibuat dari jeruk.

Baca Juga:Simak Tips Ini Agar Hasilnya Mulus Setelah Direbus: Inilah Cara untuk Mengupas TelurJaga Agar Tetap Segar, Begini Cara Menyimpan Kentang

1. Es Jeruk

Salah satu olahan menyegarkan dari jeruk yakni es jeruk. Minuman ini akan cocok untuk melepas dahaga saat cuaca panas, apalagi jika dinikmati dalam keadaan dingin. Bisa gunakan jenis jeruk sunkist dan lemon agar rasanya segar, lalu tambahkan biji selasih dan gula agar rasanya manis. 

2. Es Kelapa Jeruk

Es kelapa bisa diolah menjadi spesial dengan menambahkan air jeruk. Perpaduan kedua buah ini, akan menghasilkan banyak vitamin dan memberi kesegaran. Agar lebih nikmat, jangan lupa tambahkan es kedalamnya agar lebih segar.

3. Es Kuwut

Es kuwut merupakan minuman segar asal Bali dengan rasa manis dan asam. Namun tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menikmatinya karena minuman ini sangat mudah untuk dibuat. Untuk bahannya, gunakan jeruk nipis, air kelapa, melon, selasih dan bahan lainnya.

4. Puding

Olahan puding merupakan makanan penutup yang populer. Dari jeruk, bisa manfaatkan bagian dagingnya hingga airnya untuk membuat puding. Bahkan jeruk juga bisa dijadikan topping untuk puding tanpa membuat bagian kulitnya.

5. Marmalade

Jeruk juga bisa diolah menjadi selai yang biasa disebut dengan marmalade. Marmalade dibuat dengan menggunakan buah jeruk, baik itu bagian daging hingga kulitnya pun juga menjadi bahan dari pembuatan selai kental ini. Teksturnya agak kasar dan agak mirip agar-agar.

0 Komentar