Memudahkan Jemaah Haji, Ketahui Lokasi Enam Pos Sektor yang Berada di Masjid Nabawi

Masjid Nabawi
Ilustrasi Masjid Nabawi (bpkh.go.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Madinah Sektor Khusus Nabawi, menyediakan fasilitas untuk memudahkan bagi jemaah haji dalam mencari bantuan dan menjadi pedoman ketika masuk ke dalam Masjid Nabawi.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Kepala Sektor Khusus Nabawi, Surnadi, yang dilansir dari laman Kemenag (27/6/2024). Keberadaan pos tersebut, berguna ketika ada permasalahan, jemaah bisa segera menuju pos yang telah disediakan.

“Keberadaan pos petugas tersebut untuk memudahkan jemaah mencari bantuan yang dibutuhkan, juga menjadi pedoman bagi para jemaah haji di masing-masing sektor saat masuk ke Masjid Nabawi,” ucapnya.

Baca Juga:Ini Amalan Bagi Jemaah Haji yang Tidak Melaksanakan ArbainPenyakit Celiac: Menilik Keterkaitannya dengan Gluten

Jemaah haji pun bisa mengetahui sejumlah titik atau pos sektor yang berada di Masjid Nabawi agar ketika membutuhkan bantuan, jemaah tak perlu kebingungan mencari petugas yang akan membantu. Berikut keberadaan dari pos tersebut.

  • Pos 1 untuk jemaah haji sektor 1, berada di Pintu Utama No. 332;
  • Pos 2 untuk jemaah haji sektor 2, berada di Pintu Utama No. 326;
  • Pos 3 untuk jemaah haji sektor 3 dan 4, berada di Pintu Utama No. 315;
  • Pos 4 untuk jemaah haji sektor 5, berada di Pintu Utama No. 305;
  • Pos 5 untuk jemaah haji sektor 5, berada di Pintu Utama No. 360-365; dan
  • Pos Khusus Raudhah untuk daerah persiapan jemaah masuk Raudhah, berada di Pintu Utama No. 360.

Selanjutnya, dijelaskan juga jika ada 56 petugas di sektor khusus Nabawi yang akan membantu jemaah haji gelombang dua di Madinah. Petugas-petugas tersebut, terbagi dalam beberapa sub layanan.

Sub layanan tersebut diantaranya yaitu Bimbingan Ibadah, Pelindungan Jemaah, Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama Pada Jamaah Haji (PKP3JH), dan pelayanan kepada jemaah lansia dan difabel.

Kemudian, rata-rata, ada 15 layanan yang dilakukan petugas di pos setiap harinya. Seperti mengantar jemaah ke hotel, pertolongan medis, jemaah terpisah rombongan, menunjukkan arah Masjid Nabawi, mengedukasi jadwal masuk Raudhah, memberikan konsumsi ringan untuk jemaah, memberikan sendal, menunjukkan arah ke hotel jemaah, dan laporan kehilangan.

 

0 Komentar