Manfaatkan Agar Tak Terbuang Sia-sia, Intip Manfaat dari Kulit Bawang

kulit bawang
Ilustrasi Kulit Bawang (harapanrakyat)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bawang dikenal sebagai bumbu masak yang memiliki aroma kuat, terutama untuk bawang merah. Kegunaan bawang sebagai bumbu masak, dapat membuat masakan terasa lebih lezat karena perannya sebagai penyedap alami.

Saat menggunakan bawang untuk memasak, maka bagian kulitnya tentu akan dibuang karena dianggap tak dapat dimanfaatkan dan cenderung kotor. Apalagi, teksturnya pun nampak sulit untuk dikunyah sehingga perlu dipisahkan dengan bawang.

Tesktur tersebut konon karena terdapat  kandungan selulosa dan banyak nutrisi lainnya. Dalam kulit bawang putih sendiri, mengandung berbagai vitamin hingga antioksidan fenilpropanoid yang berguna sebagai anti-inflamasi. Untuk mengetahui manfaat dari kulit bawang, simak selengkapnya berikut ini.

Baca Juga:Makan Bawang Mentah Mempunyai Manfaat Bagi Tubuh, Ini Macam-macam ManfaatnyaAmpuh untuk Cegah Matamu Perih, Lakukan Tips Ini Saat Memotong Bawang

Manfaat Kulit Bawang

Dari Times of India disebutkan jika pada bawang bombay, terutama di bagian kulitnya terdapat serat makanan. Kulit bawang bombay memberikan manfaat kesehatan pada pencernaan dan membantu menjaga kesehatan usus.

Selain itu, bagian kulitnya juga mengandung flavonoid terutama Quercetin. Quercetin dalam kulit bawang dijelaskan dapat membantu melawan peradangan dan radikal bebas yang yang dapat menyebabkan penuaan serta garis-garis halus.

Sifat antioksidan tinggi dari Quercetin juga dapat mengurangi stres oksidatif hingga membantu menurunkan risiko penyakit kronis yang berbahaya bagi tubuh sepeti penyakit jantung dan kanker.

Kandungan flavonoid dalam kulit bawang rupanya dapat berguna untuk meningkatkan kesehatan kulit, disamping vitamin dan mineral dalam kulit bawang. Konon, mengoleskan ekstrak kulit bawang dapat menenangkan kulit yang teriritasi.

Flavonoid juga berperan sebagai efek prebiotik sehingga dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Hal ini tentunya berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

Kontribusi lainnya dari kulit bawang yakni terkandung berbagai vitamin dan mineral. Kandungan tersebut berguna untuk menjaga kekebalan tubuh, kesehatan mata, kekuatan tulang, dan keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Sumber lain menyebutkan, jika kulit bawang yang diolah menjadi teh, dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Kandungan dalam kulit bawang yaki triptofan, dapat berkontribusi pada kualitas tidur menjadi lebih baik.

Baca Juga:Mengiris Bawang Bisa Bikin Mata Pedas, Ini AlasannyaTidak Hanya Singkong Goreng, Inilah Ide Olahan Singkong Lainnya yang Menarik untuk Dicoba

Bahkan, kulit bawang juga dapat berguna bagi tanaman. Kulit bawang dapat berguna sebagai pupuk organik cair untuk menyuburkan tanaman karena terdapat kandungan unsur hara yang ada di dalam kulit bawang merah seperti Kalium (K), Magnesium (Mg), Fosfor (P), dan Besi (Fe).

 

0 Komentar