Bisa Bikin Kentang Goreng Jadi Renyah, Simak Tips Membuatnya

kentang
Ilustrasi Kentang Goreng (Freepik/ Kumparan)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat dan makanan pokok pengganti nasi. Kentang juga bisa diolah menjadi berbagai makanan, baik untuk menjadi lauk ataupun dalam bentuk camilan seperti kentang goreng.

Hidangan kentang goreng merupakan salah satu camilan favorit yang banyak disukai baik anak-anak maupun dewasa. Bisa dinikmati saat bersantai sambil dicocol dengan saus favorit, membuat kentang goreng terasa lebih nikmat.

Sayangnya, kentang goreng yang dibuat dengan teknik yang kurang pas, akan membuat kentang goreng menjadi mudah lembek. Namun agar teksturnya tetap renyah, ada tips yang perlu diketahui sebelum membuat kentang goreng. Berikut seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga:Jangan Sampai Salah Pakai, Ini Jenis Pisang yang Cocok untuk DigorengManfaatkan Agar Tak Terbuang Sia-sia, Intip Manfaat dari Kulit Bawang

Tips Kentang Goreng Tetap Renyah

Sebelum memotong kentang, siapkan kentang dan bersihkan kentang sampai bersih. Kemudian, kupas kentang dan potong kentang menjadi bentuk persegi panjang. Mengenai ukuran dari potongan kentang, bisa disesuaikan dengan keinginan.

Lalu, cuci bersih kentang agar menghilangkan kotoran yang mungkin menempel pada kentang ketika proses pemotongan. Selanjutnya, siapkan air dingin atau air es dalam mangkuk dan rendam selama kurang lebih 30 menit guna melunturkan pati dari kentang.

Jika sudah, tiriskan kentang untuk mencegah kentang meletup-letup saat digoreng. Bisa gunakan tisu makan untuk mengelapnya. Pastikan lap kentang secara perlahan. Setelah itu, goreng kentang secara bertahap dan bisa campurkan tepung serbaguna agar lebih garing dan gurih.

Goreng kentang sampai terendam dalam minyak agar matangnya merata dan gunakan api sedang sampai rendah. Goreng kentang sampai dirasa sudah matang lalu angkat dan tiriskan kentang. Lakukan hal ini sampai kentang habis.

Kemudian goreng lagi kentang dengan api yang besar sehingga teksturnya akan garing. Goreng kentang sampai warnanya berubah menjadi keemasan dan teksturnya renyah. Angkat dan tiriskan kentang. Kentang goreng pun siap untuk dinikmati.

0 Komentar