Tidak Hanya Singkong Goreng, Inilah Ide Olahan Singkong Lainnya yang Menarik untuk Dicoba

cenil
Ilustrasi Cenil (Blibli)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Singkong adalah satu sumber makanan pokok yang mengandung karbohidrat. Di beberapa belahan dunia, singkong menjadi makanan pokok seperti Amerika Selatan, Afrika, dan Asia, termasuk indonesia.

Tak hanya untuk dinikmati sebagai hidangan, singkong juga mengandung kalori yang tinggi dibandingkan dengan jenis umbi lainnya. Dengan begitu, setelah mengonsumsinya, akan terasa kenyang sehingga bisa mendapatkan energi ekstra.

Singkong dapat diolah menjadi aneka hidangan, salah satunya berupa singkong goreng yang telah populer di Indonesia. Namun selain singkong goreng, singkong juga diolah menjadi makanan lainnya yang menarik untuk dicoba.

Baca Juga:Macam-macam Jenis Tahu yang Ada di IndonesiaKreasikan Telur Menjadi Berbagai Olahan yang Menggugah Selera, Intip Aneka Ide Olahannya

1. Keripik Singkong

Keripik singkong merupakan camilan yang umum di Indonesia. Rasanya gurih dan teksturnya renyah, cocok untuk menemani waktu bersantai. Untuk membuatnya sendiri pun mudah, cukup iris tipis singkong, rendam dalam air garam, dan goreng.

2. Kolak Singkong

Hidangan ini biasanya ditemui saat bulan puasa sebagai takjil untuk berbuka. Kolak singkong mempunyai rasa yang manis dari gula merah dan gurih dari santan serta tekstur yang lembut dari singkong sehingga membuat perpaduan cita rasa yang sempurna.

3. Lemet

Lemet adalah jajanan tradisional yang terbuat dari campuran antara singkong parut dan kelapa. Lalu dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Rasanya manis dan gurih karena dibuat dari campuran gula merah dan santan.

4. Tiwul

Tiwul merupakan makanan khas Jawa yang mudah ditemukan di berbagai daerah seperti Gunungkidul, Wonosobo, dan lainnya. Tiwul terbuat dari gaplek singkong yang diolah menjadi tepung dengan cara ditumbuk. Konon, makanan ini sudah ada sejak masa penjajahan Jepang.

5. Gethuk

Olahan singkong lainnya yaitu gethuk. Makanan ini terbuat dari singkong yang direbus kemudian ditumbuk sampai halus. Setelahnya diberi aneka warna dan rasa yang membuatnya nampak menarik, dengan tambahan parutan kelapa sebagai cocolan.

6. Combro

Jenis gorengan selain singkong goreng ini, terbuat dari parutan singkong dengan isian berupa oncom. Combro sendiri merupakan singkatan dari bahasa Sunda yakni oncom dijero atau oncom di dalam.

7. Misro

Tak berbeda jauh dengan combro, namun misro memiliki bentuk bulat sedikit pipih dengan isian manis berisi gula merah. Misro merupakan makanan khas Jawa Barat dengan singkatan dari amis di jero atau manis di dalam.

Baca Juga:Selama di Kota Madinah, Jemaah Haji Diminta untuk Utamakan Ziarah RaudhahBerbeda dengan Makkah, Jemaah Haji Diimbau untuk Perhatikan Hal Ini Saat di Madinah

8. Cenil

Cenil adalah salah satu jajanan pasar tradisional yang berbentuk lonjong dan biasa dijadikan dengan parutan kelapa muda. Warnanya beragam, salah satunya merah. Rasanya pun manis dan teksturnya kenyal.

0 Komentar