Makan Bawang Mentah Mempunyai Manfaat Bagi Tubuh, Ini Macam-macam Manfaatnya

bawang
Ilustrasi Bawang Merah (unsplash.com/DEAN DAVID)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Saat memasak tanpa bawang, maka akan ada yang kurang. Hal itu tentunya berpengaruh dari segi rasanya karena bawang dapat membuat masakan menjadi lebih gurih. 

Bawang terutama bawang merah, mempunyai aroma yang kuat dan mampu membuat mata cukup perih. Namun ketika dikonsumsi dalam kondisi mentah, maka akan ada banyak manfaat yang didapatkan. 

Bawang merah mempunyai kandungan yang tersimpan didalamnya dan baik untuk tubuh. Seperti natrium, kalium, folat, vitamin A, C, dan E, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Baca Juga:Ampuh untuk Cegah Matamu Perih, Lakukan Tips Ini Saat Memotong BawangMengiris Bawang Bisa Bikin Mata Pedas, Ini Alasannya

Manfaat Makan Bawang Mentah

Beberapa ada yang biasa mengonsumsi bawang dalam kondisi mentah tanpa diolah menjadi masakan. Mengonsumsi bawang mentah terutama bawang merah, dinilai lebih bai karena mengandung sulfur dan antioksidan yang tinggi.

Dalam bawang mentah, terdapat kandungan kalsium. Kandungan kalsium seperti yang diketahui, bagus untuk kesehatan tulang. Sebab kandungannya itu, maka konsumsi bawang mentah pun bagus untuk kesehatan.

Bawang mentah juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Bawang diketahui kaya akan flavonoid dan tiosulfinat. Flavonoid dalam bawang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Sedangkan untuk kandungan lainnya yakni tiosulfinat, diketahui dapat berguna untuk menjaga konsistensi darah. Hal ini berpengaruh pada risiko serangan jantung dan stroke yang menurun secara signifikan, terutama pada kadar LDL atau kolesterol jahat.

Siapa sangka jika bawang mentah dapat membantu menjaga kesehatan mata? Jika selama ini wortel yang dikenal memiliki manfaat tersebut, rupanya bawang mentah juga memiliki manfaat yang hampir mirip.

Bawang dinilai bagus untuk membuat mata menjadi lebih sehat karena kandungan selenium. Selenium dalam bawang bisa membantu memproduksi vitamin E, yang kemudian bisa berguna untuk mencegah masalah mata.

Bawang bahkan disinyalir dapat menyehatkan mulut. Hal ini mungkin menjadi kontra lantaran selama ini bawang mentah justru membuat mulut menjadi bau. Namun, bawang rupanya berguna untuk menjaga kebersihan mulut sehingga tak ada salahnya untuk sesekali mengonsumsinya.

 

 

 

0 Komentar