Ampuh untuk Cegah Matamu Perih, Lakukan Tips Ini Saat Memotong Bawang

bawang
Ilustrasi Irisan Bawang (Kompas)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Menggunakan bawang sebagai bumbu masak adalah hal yang paling sering dilakukan. Penggunaan bawang pada masakan, dapat membuat cita rasanya lebih lezat yang mampu menggugah selera makan.

Sayangnya, saat mengolah masakan yang membutuhkan bawang, perlu ada perjuangan. Ketika mengupas bawang sampai memotongnya, tak jarang bawang dapat menimbulkan mata menjadi perih hingga mengeluarkan air mata.

Hal inilah yang terkadang membuat ada yang enggan untuk memotongnya karena khawatir akan mengalami hal tersebut. Namun kini tak perlu takut lagi. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan saat memotong bawang agar mata tidak perih lagi.

Baca Juga:Mengiris Bawang Bisa Bikin Mata Pedas, Ini AlasannyaTidak Hanya Singkong Goreng, Inilah Ide Olahan Singkong Lainnya yang Menarik untuk Dicoba

1. Dinginkan Bawang

Cara pertama yang dapat dilakukan yakni dengan mendinginkan bawang ke dalam lemari es selama beberapa saat. Gunanya, untuk memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan ketika bawang terpotong. Selain dimasukkan ke dalam lemari es, ada cara lain.

Cara lainnya yaitu dengan memasukkan bawang utuh yang akan dipotong ke dalam air es. Hal ini juga termasuk ke dalam cara mendinginkan bawang. Untuk cara ini, dapat didiamkan selama kurang lebih 10-15 menit sebelum bawang dipotong.

2. Manfaatkan Air Mengalir

Cara berikutnya yaitu dengan memanfaatkan air yang mengalir. Mengupas dan memotong bawang merah di bawah air mengalir, akan membantu untuk menghilangkan zat yang membuat mata menjadi perih.

3. Rendam dalam Air Mendidih

Selanjutnya, gunakan air mendidih untuk merendam bawang. Ternyata, merendam bawang merah di air yang mendidih juga efektif membuat mata tidak perih. Hal ini bisa dilakukan sampai bagian kulit bawang nampak lunak.

4. Potong Bagian Atasnya

Saran lain agar tidak perih saat memotong bawang yakni dengan memotong bagian atasnya. Ketika bagian atasnya dipotong, konon akan membuat produksi air mata saat memotong bawang menjadi berkurang sehingga potong dulu bagian atasnya baru kupas kulit luarnya.

5. Mengunyah Makanan 

Cara yang satu ini unik yakni dengan mengunyah makanan. Ketika memotong bawang sambil mengunyah makanan, konon akan mencegah mata perih karena saat sedang makan secara tidak langsung, nafas akan keluar dari mulut dan hal ini mampu mengurangi gas dari bawang mengarah ke mata.

0 Komentar