Lebih Menguntungkan: Inilah perbandingan antara Huawei Watch FIT 3 dan Apple Watch SE, Mana yang lebih baik?

Foto
Foto/HUAWEI WATCH FIT 3 vs Apple Watch SE (youtube.com/purlp)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Pada 21 Mei 2024, Huawei Device Indonesia meluncurkan produk terbaru mereka, HUAWEI WATCH FIT 3, yang merupakan versi terbaru dari seri WATCH FIT yang terkenal dengan desain persegi. Produk ini diluncurkan di seluruh dunia pada 7 Mei 2024 di Dubai, Uni Emirat Arab, dan kemudian dirilis di Malaysia pada 14 Mei 2024. Sejak awal, desain HUAWEI WATCH FIT 3 yang ramping, modis, dan menarik telah menjadi ciri khas dari lini WATCH FIT. Dengan mengusung konsep “Squared Fashion”, jam tangan pintar ini menampilkan peningkatan besar dalam hal desain persegi yang menarik, kualitas material bahan strap, dan desain interaktif yang menarik.

Secara visual, HUAWEI WATCH FIT 3 memiliki bodi dan layar persegi yang mirip dengan Apple Watch. Namun, dalam hal kemiripan dengan Apple Watch, HUAWEI WATCH FIT 3 kalah langsung dengan Apple Watch SE.

Meskipun harganya sekitar Rp2 jutaan berbeda, HUAWEI WATCH FIT 3 dan Apple Watch SE masing-masing memiliki fitur yang menarik. Ingin tahu bagaimana keduanya dibandingkan? Siapa yang lebih baik dari keduanya?

Baca Juga:Ada Satu Perbedaan Penting yang Perlu Diperhatikan: Lalu Apa Bedanya Redmi Pad Pro 5G dengan Redmi Pad Pro?Lebih Selektif Menyukai Unggahan: Inilah 4 Tips untuk Mengatur Ulang Feed Instagram Explore Agar Tidak Bosan

1. Layar HUAWEI WATCH FIT 3 lebih tipis dari sebelumnya

Mari kamu mulai membandingkan spesifikasi jam tangan pintar ini, dengan fokus pada sektor tampilan. Huawei memperkenalkan Huawei WATCH FIT 3 sebagai jam tangan pintar persegi pertamanya. Dilengkapi layar AMOLED berukuran 1,82 inci dengan rasio screen-to-body hingga 77,4 persen, pengguna dapat menikmati pengalaman visual imersif di mana saja. Dengan berat hanya 26 gram, HUAWEI WATCH FIT 3 nyaman dipakai seharian. Di sisi lain, Apple Watch SE memiliki layar LTPO OLED dalam versi 40mm dan 44mm. Meski layar Apple Watch SE sedikit lebih kecil dibandingkan HUAWEI WATCH FIT 3, namun tetap menawarkan gambar yang jernih dan tajam. Meski tidak memiliki fungsi Always On Display seperti Huawei WATCH FIT 3, namun layar Apple Watch SE tetap menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya, dengan reproduksi warna jernih dan kecerahan memadai untuk berbagai kondisi pencahayaan.

Kedua jam tangan pintar ini memiliki layar yang sama dan bentuk persegi yang elegan. Namun, perbedaan yang paling menonjol adalah tepi HUAWEI WATCH FIT 3 yang lebih tajam daripada tepi Apple Watch SE yang lebih melengkung. HUAWEI WATCH FIT 3 juga lebih tipis 9,9 mm daripada 10,7 mm, dan beratnya lebih ringan 7 gram daripada Apple Watch SE. Dengan ketahanan air hingga 5 ATM, kedua jam tangan ini memungkinkan aktivitas air, terutama olahraga air seperti berenang.

2. HUAWEI WATCH FIT 3 memiliki kecerahan yang lebih baik, sehingga cocok untuk aktivitas di luar ruangan

Dengan layar dengan kecerahan hingga 1.500 nits, HUAWEI WATCH FIT 3 memungkinkan pengguna melihat tampilan jam pintarnya dengan nyaman dalam berbagai kondisi pencahayaan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika sedang beraktivitas di lingkungan luar. Kamu tetap dapat melihat dengan jelas tanpa khawatir akan pantulan cahaya, bahkan saat cuaca panas. Kecerahan layar hingga 1.500 nits pada HUAWEI WATCH FIT 3 meningkatkan kenyamanan bagi mereka yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, seperti berlari, bersepeda, atau berolahraga di taman.

Berbeda dengan Apple Watch SE, layarnya yang cukup baik dengan kecerahan hingga 1.000 nits tidak mendukung fitur Always-On Display seperti Huawei Watch FIT 3. Oleh karena itu, orang yang menggunakan Apple Watch SE harus tetap mengaktifkan layarnya dan menyesuaikannya dengan kondisi pencahayaan untuk melihat informasi atau notifikasi yang mungkin muncul di sana.

3. HUAWEI WATCH FIT 3 hanya membutuhkan satu baterai dan bertahan hingga 10 hari

Baterai HUAWEI WATCH FIT 3 sebesar 400mAh dan berkat teknologi unggulan HUAWEI, memiliki daya tahan baterai yang luar biasa dan proses pengisian daya yang cepat. Kapasitas ini sangat cocok untuk Generasi Z yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari, seperti berolahraga dan menjalani gaya hidup sehat. Saat melakukan perjalanan, berlari maraton, atau bersepeda, pengguna tidak perlu khawatir tentang kehabisan daya HUAWEI WATCH FIT 3. Dengan baterai penuh, smartwatch ini dapat bertahan selama sepuluh hari pemakaian. Lebih menarik lagi, fitur pengisian cepat perangkat ini memungkinkan penggunanya menggunakannya sepanjang hari tanpa khawatir kehabisan daya.

Baterai Apple Watch SE berbeda-beda tergantung pada model dan ukurannya. Versi 40mm memiliki kapasitas baterai sekitar 245mAh, sedangkan versi 44mm memiliki kapasitas sekitar 296mAh. Dengan demikian, jika digunakan secara teratur, pengguna mungkin perlu mengisi baterai Apple Watch SE setiap hari, terutama jika mereka melacak setiap hari.

4. Fitur kebugaran HUAWEI WATCH FIT 3 lebih lengkap, dengan lebih dari seratus mode latihan

Salah satu keunggulan HUAWEI WATCH FIT 3 adalah berbagai fitur canggih yang memungkinkan pengguna memantau dan meningkatkan kebugaran tubuh mereka. Dengan 102 mode latihan yang didukung oleh aplikasi All New Smart Suggestions, serta lebih dari 200 kursus kebugaran gratis yang dapat diakses melalui berbagai platform, fitur TruSeen 5.5 memantau detak jantung, oksigen darah, tingkat stres, dan t

Baca Juga:Mendengarkan Lagu Dimana Saja dan Kapan Saja: 9 Aplikasi Musik Offline Terbaik untuk Android Banyak FiturPengalaman Berselancar Media Sosial! Inilah 4 Cara untuk Memfilter Konten yang Tidak Diinginkan di TikTok

Fitur TruSleep™ 4.0 juga memungkinkan pengguna untuk memantau kualitas tidur dan aktivitas mereka sehingga pola tidur dapat disesuaikan untuk kebugaran ideal. Fitur baru seperti “New Stay Fit” memungkinkan pengguna untuk memantau jumlah kalori yang dikonsumsi dan tingkat protein, lemak, dan gula dalam tubuh mereka. Dengan demikian, HUAWEI WATCH FIT 3 adalah pilihan yang ideal untuk mereka yang mengutamakan gaya hidup sehat.

Selain itu, Huawei Watch FIT 3 memiliki fitur manajemen kalori melalui software Stay Fit, yang tidak tersedia secara native di Apple Watch SE. Dengan berbagai fiturnya, pengguna dapat dengan mudah memantau kesehatan mereka bahkan saat melakukan aktivitas olahraga, seperti Car Free Day, sesi latihan di gym, atau berjalan-jalan santai di lingkungan sekitar mereka. Sebaliknya, Apple Watch SE membutuhkan langganan untuk mengakses kursus kebugaran dan hanya memiliki delapan puluh mode latihan.

Untuk fitur kebugaran, Apple Watch SE tidak selengkap HUAWEI WATCH FIT 3, yang hanya mendukung pemantauan detak jantung dan tidur. Namun, HUAWEI WATCH FIT 3 memiliki Pulse Wave Arrhythmia Analysis, yang memantau irama jantung yang tidak teratur dan memiliki akurasi deteksi tidur yang lebih tinggi daripada Apple Watch SE.

5. HUAWEI WATCH FIT 3 kompatibel di sistem operasi apa pun

Dengan sistem operasi yang mendukung berbagai jenis sistem operasi, HUAWEI WATCH FIT 3 bertujuan untuk meminimalkan kendala teknis bagi pengguna. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan pengalaman menggunakan smartwatch terbaru dari HUAWEI ini, melihat berbagai fitur dan teknologi yang ditawarkan oleh HUAWEI WATCH FIT 3.

Sebaliknya, karena dirancang untuk memungkinkan integrasi yang lancar antara perangkat Apple, termasuk iPhone, iPad, dan Mac, Apple Watch SE hanya dapat digunakan bersama iPhone, dan tidak dapat digunakan dengan smartphone atau sistem operasi lain seperti Android atau HarmonyOS.

Oleh karena itu, Apple Watch SE tidak akan berfungsi sebagai perangkat yang kompatibel bagi mereka yang menggunakan perangkat seluler yang menjalankan sistem operasi selain iOS, seperti Android atau HarmonyOS. Sebaliknya, mereka mungkin lebih memilih smartwatch lain yang mendukung sistem operasi yang mereka miliki. Sebuah laporan dari Yugatech menyatakan bahwa, meskipun Apple Watch SE awalnya menggunakan watchOS 9, sistem operasi tersebut masih dapat diperbarui ke versi 10.4.

6. HUAWEI WATCH FIT 3 memudahkan integrasi ke smartphone

Jika kamu seorang yang suka hidup cepat, HUAWEI WATCH FIT 3 membuatnya lebih mudah untuk beraktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan. Bagi Gen Z, juga, integrasi antara smartphone dan smartwatch membuatnya lebih mudah untuk beraktivitas. Selain fitur NFC yang memungkinkan pembayaran nirkontak, jam tangan ini memiliki fitur cepat menjawab untuk menjawab panggilan WhatsApp dan pesan. Dengan demikian, pengguna tidak perlu mengeluarkan dompet atau smartphone mereka saat melakukan transaksi. Pengguna dapat mengakses aplikasi dan layanan yang diperlukan dengan lebih mudah dan efektif dengan tampilan widget service 2.0. Meskipun Apple Watch SE mendukung fitur NFC, memiliki mikrofon dan speaker bawaan, serta dukungan NFC dan GPS.

Meskipun harganya lebih rendah daripada Apple Watch SE, HUAWEI WATCH FIT 3 masih memiliki banyak fitur canggih, desain yang menarik, dan tampilan layar yang mengesankan. Selain itu, daya tahan baterai yang luar biasa yang bertahan hingga sepuluh hari pemakaian, layar AMOLED yang cerah dan jernih dengan dukungan Always-On Display, dan berbagai mode latihan dan fitur kebugaran yang lengkap. Dengan demikian, HUAWEI WATCH FIT 3 patut dimiliki.

Dalam perlombaan spesifikasi ini, Huawei Watch FIT 3 jelas mengungguli Apple Watch SE, pesaingnya, dengan layar dan tingkat kecerahan (1.500 nits), berbagai mode olahraga dan pelacakan kesehatan, kapasitas baterai, dan harganya yang terjangkau. Kehadiran HUAWEI WATCH FIT 3 menunjukkan bahwa smartwatch premium tidak selalu harus mahal.

Sebagai contoh, varian fluoroelastomer HUAWEI WATCH FIT 3 dihargai 599 ringgit Malaysia (sekitar Rp 2 juta) dan varian kulit/nilon 699 ringgit Malaysia (sekitar Rp 2,4 juta). Apple Watch SE dibanderol dengan harga Rp4,4 juta. Apa pendapat kamu tentang HUAWEI WATCH FIT 3 dan Apple Watch SE? Tinggalkan komentar di bagian bawah.

0 Komentar