Selamatkan Bumi Agar Tidak Panas – Ini Dia Cara Mengatasi Pemanasan Global yang Sederhana dan Gampang

cara mengatasi pemanasan global
cara mengatasi pemanasan global/www.gramedia.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Pemanasan global menyebabkan sejumlah wilayah di dunia mengalami perubahan ekstrem. Gletser abadi di Kutub Utara dan pegunungan seperti Kilimanjaro dan Jaya Wijaya mulai mencair. Gletser Pizol di Pegunungan Glarus, Swiss Timur, misalnya, telah kehilangan 80 persen volumenya.

Jika pencairan gletser terus meningkat, kenaikan permukaan laut akan memengaruhi sekitar 50 juta orang yang tinggal di kawasan pantai rendah dan kota-kota besar dunia, seperti London, New York, dan Shanghai. Fenomena lain yang terjadi adalah penurunan es di Kutub Utara sekitar 12 persen per dekade selama 40 tahun terakhir. Berikut beberapa cara untuk mengatasi pemanasan global.

1. Gunakan Transportasi Umum & SepedaBatasi penggunaan mobil dan sepeda motor untuk perjalanan jauh, dan biasakan berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk jarak dekat. Ini akan mengurangi emisi karbon dioksida dan karbon monoksida di atmosfer.

Baca Juga:Trik Mendapatkan Beasiswa Kuliah S1, S2 dan S3 – Auto LolosBodynya Kokoh : Ternyata Inilah Kelebihan Mobil SUV

2. Kurangi Penggunaan Peralatan yang Mengandung CFCCFC (Cloro Four Carbon) adalah senyawa yang mengandung karbon, klorin, dan fluorin, sering ditemukan dalam peralatan pendingin udara. Saat ini, CFC menyumbang 20% dari efek rumah kaca. Untuk mengatasi panas ruangan, rancang bangunan dengan banyak ventilasi sehingga tidak perlu AC. Jika harus menggunakan AC, pilihlah yang non-CFC dan ramah lingkungan.

3. Matikan Perangkat Elektronik Saat Tidak DigunakanMatikan lampu, kipas, AC, komputer, TV, dan alat elektronik lainnya saat tidak digunakan. Gunakan lampu LED yang efisien energi dan pilih yang memiliki sensor cahaya agar mati otomatis. Beberapa perangkat elektronik, seperti TV dan komputer, memiliki fitur standby yang sebaiknya dimatikan.

4. Hemat AirHemat pemakaian air dengan cara: jangan mencuci piring dengan air yang terus mengalir, jangan menggosok gigi dengan kran air yang mengalir, mandi menggunakan gayung daripada kran shower, dan gunakan ember untuk mencuci mobil daripada selang. Gunakan air dingin pada mesin cuci.

5. ReuseGunakan cangkir keramik atau gelas untuk kopi, bukan cangkir sekali pakai dari plastik atau Styrofoam. Gunakan kembali kantong plastik dan wadah penyimpanan lainnya.

0 Komentar