Fakta Menarik! Inilah Manfaat Tape Singkong Untuk Kesehatan

manfaat tape
manfaat tape/www.gramedia.com
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Tape singkong adalah salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang sering dijadikan camilan atau bahan dasar untuk berbagai hidangan.

Ternyata, makanan ini memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat tape singkong adalah dapat meningkatkan sistem imun. Selain itu, tape singkong juga memiliki manfaat lainnya yang baik untuk tubuh.

Mari kita pelajari lebih lanjut berbagai manfaat tape singkong!

Manfaat Tape Singkong

Ada dua jenis tape singkong yang dikenal, yaitu tape singkong kering yang biasa digantung dengan tampilan seperti bedak putih, dan tape biasa yang lebih lunak dan basah.

Baca Juga:Makanan Ini Harganya Mahal – Hanya Orang Kaya Saja : Ini Dia Kaviar dan ManfaatnyaLIburan Makin Seru Ya Ke Bali : Inilah Rekomendasi Destinasi Wisata Bali yang Instagramable

Kedua jenis ini memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dan menawarkan manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut penjelasan mengenai beberapa manfaat tape singkong:

1. Meningkatkan imunitas

Tape singkong mengandung asam laktat yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini membuat tubuh lebih kebal terhadap virus atau penyakit, sehingga menjadi lebih sehat.

Menurut Journal Agritech, tape singkong dapat membantu mencegah flu musiman. Flu yang disebabkan oleh virus bisa sembuh lebih cepat jika sistem imun tubuh kuat. Konsumsi tape singkong dalam jumlah yang tepat dapat membantu menangkal virus penyebab flu musiman.

2. Mencegah anemia

Selain meningkatkan imun, tape singkong juga bermanfaat untuk mencegah anemia. Menurut Mayo Clinic, anemia disebabkan oleh penurunan produksi sel darah merah, yang membuat tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga. Proses fermentasi tape singkong meningkatkan produksi vitamin B12, yang penting untuk mendukung produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

3. Menguatkan fungsi otot

Selama fermentasi, tape singkong menghasilkan thiamin, yang diketahui meningkatkan sistem otot dan neuron manusia. Mengkonsumsi tape singkong dapat membuat tubuh merasa lebih segar dan berenergi, sehingga cocok untuk penderita sakit pinggang atau punggung karena dapat memperkuat otot.

4. Melancarkan pencernaan karena berfungsi sebagai probiotik

Tape singkong berfungsi sebagai probiotik yang bermanfaat untuk pencernaan. Menurut World Journal of Pharmaceutical and Life Sciences, fermentasi tape singkong meningkatkan produksi probiotik dan asam laktat.

 Kedua esensi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kerja pencernaan dengan membunuh bakteri jahat dan membantu bakteri baik, sehingga melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi tape singkong dalam porsi yang pas dapat membantu membuang racun tubuh melalui proses sekresi dan mencegah sembelit.

 

0 Komentar