Telah Ada Sejak Tahun 1930-an: Inilah Sejarah Perkembangan Komputer, Awalnya Hanya Relai

Foto
Foto/Sejarah Komputer (tirto.id)
0 Komentar

RADARCIREBON.TV- Komputer di era kontemporer telah berkembang menjadi banyak model dan semakin kompleks dan canggih. Banyak orang di seluruh dunia menggunakan berbagai jenis komputer, termasuk PC gaming, laptop, tablet, all-in-one (AiO), HP, atau smartphone. Komputer juga digunakan dalam praktik khusus untuk komunikasi, transportasi, penelitian, dan bahkan eksplorasi luar angkasa.

Namun, apa yang kamu ketahui tentang evolusi komputer di dunia? Jika kamu tertarik, kamu dapat membaca artikel ini hingga akhir.

1. Sistem komputer bilangan biner pertama kali ditunjukkan pada tahun 1930-an

Gambar di atas menunjukkan perangkat awal komputer, yang telah ditunjukkan pada tahun 1936 dan 1937. Komponen tersebut terdiri dari relai sederhana yang berbasis pada relai telepon dan kode angka desimal yang telah dikelompokkan ke dalam digit biner (bit), menurut History of Information. Dengan kata lain, alat yang disebut Model K ini sudah bekerja secara elektromagnetik saat menerima instruksi dari orang.

Baca Juga:Sangat Penting, Guys! Inilah 8 Cara Menghidupkan Komputer dengan Benar untuk Menjaga Device Tetap AwetBisakah Layanan Itu Gratis: Inilah Cara Memeriksa Garansi Laptop Asus dan Panduan Klaim

2. Hewlett-Packard mendirikan perusahaannya di garasi pada tahun 1939

Apakah laptop yang kamu gunakan milik HP atau Hewlett-Packard? Jika kamu menjawab ya, kamu pasti tidak menyangka bahwa perusahaan raksasa tersebut awalnya didirikan di sebuah garasi sederhana seperti yang ditunjukkan di atas, bukan? Ups, Bill Hewlett dan David Packard mendirikan HP, juga dikenal sebagai Hewlett-Packard, di sebuah garasi di California pada tahun 1939. Mereka hanya mengembangkan sistem audio HP 200A pada awalnya.

3. Pada awal tahun 1940-an, perangkat hitung yang kompleks ditemukan

Pada awal tahun 1940, teknologi komputer yang lebih kompleks dan rumit muncul. Sebuah laporan dari Britannica menyatakan bahwa perencanaan untuk Electronic Numerical Integrator and Computer, juga dikenal sebagai ENIAC, telah dimulai sejak tahun 1942 hingga 1943. Komputer ENIAC, yang berukuran sebesar rumah, dikembangkan saat Amerika Serikat juga terlibat dalam Perang Dunia II.

4. Komputer Harvard Mark 1 selesai dibangun pada akhir Perang Dunia II

Perangkat komputer Harvard Mark 1 membutuhkan rumah ukuran sederhana. Ya, komputer yang dibangun menjelang 1945 tersebut memang sangat besar dan berat. Komputer besar ini sudah digunakan oleh Amerika untuk memperkuat militer mereka dari tahun 1945 hingga 1950-an, menurut laman History Computer.

5. Pada tahun 60-an, komputer generasi baru EDSAC digunakan

EDSAC pertama kali dibuat untuk Universitas Cambridge, menurut National Museum of Computing. Namun, perangkat kompleks ini juga mulai digunakan sebagai sistem komputer canggih pada tahun 1960-an dan 1970-an. Mulanya, EDSAC 1 dibuat pada tahun 1949. Setahun kemudian, pada tahun 1950, dibuat EDSAC 2, yang lebih kuat daripada yang pertama.

6. CDC 6600 dibuat untuk meringkas jenis komputer yang lebih ringan

Kita sekarang berada di generasi di mana komputer cukup sederhana meskipun masih berat. Ya, CDC 6600 adalah model pertama yang dirilis pada tahun 1964 dan terjual seharga 7 juta dolar AS (atau 101 miliar rupiah). Sampai 1977, sistem CDC 6600 terus dikembangkan dan digunakan oleh banyak perusahaan besar.

7. IBM SCAMP muncul pada tahun 1970-an

Siapa yang tidak tahu IBM? Yes, perusahaan komputer tersebut terkenal karena membuat produk canggih. IBM SCAMP, perangkat komputer paling sederhana dan tercanggih pada tahun 1973, menurut Smithsonian Institution. Komputer ini juga merupakan awal pembuatan komputer modern yang canggih, seperti laptop atau PC.

8. Era 1980-an menandai awal laptop

Apakah gambar di atas sebanding dengan laptop? Ya, foto di atas adalah gambar Osborne 1, laptop pertama di dunia yang dibuat oleh Osborne Computer pada tahun 1981. Dengan layar 5 inci dan harga hampir 2 ribu dolar AS (Rp28,9 juta), spesifikasinya masih sangat kuno. Beratnya juga lebih dari sebelas kilogram. Sayangnya, komputer Osborne tidak bertahan lama dari persaingan komputer global.

Baca Juga:Tipis dan Ringan, Namun Kuat dan Tangguh: Review ASUS ROG Zephyrus G14, Perangkat Rumah Ideal untuk GamerSekarang Kamu Dapat Membeli: Inilah Erajaya Membawa 3 TWS ke Indonesia dari Nothing

9. Apple juga merilis sistem komputer mereka pada masa yang sama dengan Osborne

Apple justru berhasil mengeluarkan produk komputer yang luar biasa pada 1980-an saat produsen lain membuat produk komputer yang kaku dan berat. Pada tahun 1984, Apple menamai produknya Apple Macintosh. Macintosh ini sebenarnya bukanlah produk pertama Apple. Dalam sejarahnya, Apple sudah membuat komputer pertama, bernama Apple 1, pada tahun 1976.

10. Pada tahun 1985–1990, COMPAQ dan produsen lain mulai berkompetisi untuk membuat PC

Selain Apple, produsen lain seperti COMPAQ, IBM, dan HP sedang bersaing dalam pembuatan komputer PC dan portabel untuk pasar global. Dengan kompetisi ini, sejarah komputer memasuki era baru. Saat ini, sistem operasi dan software lain juga dianggap sebagai ukuran kecanggihan komputer.

11. Sistem operasi mulai mendominasi pasar komputer global

Windows 1 dari Microsoft dirilis pada tahun 1985 sebagai salah satu sistem operasi untuk PC atau komputer portabel. Kemudian, pada tahun 1995, Microsoft merilis Windows 95 sebagai sistem operasi PC paling populer saat itu. Hingga saat ini, Microsoft terus mempertahankan eksistensinya dengan mengeluarkan produk canggih, seperti Windows 11 dan konsol Xbox Series X terbaru.

12. Dari tahun 2000 hingga sekarang, banyak produk komputer yang sangat canggih telah dirilis

Saat ini, penggunaan PC, laptop, tablet, dan komputer secara keseluruhan (AiO) sudah menjadi keharusan untuk berbagai aktivitas. Komputer adalah sistem utama hampir semua pekerjaan di seluruh dunia. Untuk mereka yang suka bermain game dan bekerja di bidang grafis, tentunya kamu harus memiliki komputer yang canggih, bukan?

Bahkan, bentuk komputer semakin beragam dan sangat sederhana, mulai dari laptop tipis hingga smartphone canggih yang mampu menyelesaikan tugas komputasi kompleks. Selain itu, ada komputer super yang memiliki kapasitas dan kecepatan ribuan kali lebih besar daripada komputer biasa. NASA menggunakan komputer luar biasa ini untuk simulasi Bumi, sistem transportasi pesawat, dan tugas lainnya.

Seperti apa penjelasan sejarah perkembangan komputer di atas? Ternyata, sebuah koneksi sederhana dulunya adalah awal dari sistem komputer yang begitu kompleks dan canggih. Itu luar biasa, ya!

0 Komentar