Jangan Senang Dulu! Sebelum Beli Lihat Kekurangan TV Digital : Biar Gak Kecewa

Jangan Senang Dulu! Sebelum Beli Lihat Kekurangan TV Digital : Biar Gak Kecewa
Sumber: firstmedia
0 Komentar

RADARCIREBON.TV – Bagi kalian yang berencana membeli smart tv. Simak artikel ini karena akan membahas Kekurangan TV Digital. Di samping kekurangannya pasti ada juga kelebihannya.

Nampaknya siaran televisi digital akan segera menjadi saluran favorit menggantikan peran televisi analog yang sudah mengudara selama kurang lebih 60 tahun. Bagaimana bisa sebaliknya? Kementerian Informasi dan Komunikasi (KOMINFO) dan pihak terkait selalu melakukan sosialisasi untuk segera beralih dari televisi analog ke televisi digital.

Dan pada tanggal 2 November 2022 juga telah di tegaskan oleh kabinet khusus bahwa pada tanggal tersebut siaran televisi analog akan berakhir. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan televisi digital untuk menambah pengetahuan Anda tentang televisi digital.

Baca Juga:Jual Smart TV Harga Terbaru – Ini Dia Rekomendasinya!Berapa Harga HP Infinix RAM 4 GB? Simak Yuk – Ini Dia Rekomendasinya!

Kekurangan Tv Digital

Berikut ini ada beberapa kekurangan yang harus kamu tahu!

  • Bagi sebagian orang yang awam dengan teknologi digital, mungkin akan kesulitan dalam menginstal STB.
  • Signal dan internet memegang peranan yang sangat penting, jika tidak mendapat signal maka yang muncul hanya gambar saja (tergantung STB yang di gunakan).
  • Cakupan siaran setiap daerah akan berbeda-beda jumlah saluran yang tersedia karena tidak semua saluran TV disiarkan secara digital.
  • Beralih dari satu saluran ke saluran lainnya membutuhkan waktu lebih lama di bandingkan televisi analog.
  • Harga alat penyiaran digital (Set Top Box) lebih mahal di bandingkan alat penyiaran analog, berkisar antara 200.000 – 500.000.

Kelebihan Tv Digital

Di samping ada kekurangannya pasti ada kelebihannya juga. Berikut ini ada kelebihan jika kamu membeli TV digital.

  • Televisi digital menawarkan kualitas gambar yang lebih baik sehingga lebih nyaman untuk ditonton. Tidak ada blur seperti pada televisi analog.
  • Suara yang di hasilkan televisi digital lebih jernih di bandingkan dengan suara yang di hasilkan televisi analog karena televisi digital mampu meredam kebisingan dengan lebih baik.
  • Televisi digital dapat menerima program televisi meskipun sedang bergerak, berbeda dengan televisi analog yang bergerak akan menyebabkan gambar menjadi tidak stabil.
  • Anda dapat menikmati lebih banyak variasi acara di TV digital karena TV digital dapat menerima dan memuat saluran lebih banyak di bandingkan TV analog. Hal ini di mungkinkan karena penggunaan bandwidth pada TV digital lebih rendah di bandingkan pada TV analog.
0 Komentar